SUARA INDONESIA
Banner

Hari Kanker Sedunia, Banyuwangi Gelar Pemeriksaan IVA Gratis

BANYUWANGI- Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Banyuwangi menggelar pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) gratis untuk ibu-ibu.

Pemeriksaan IVA dilakukan serentak di seluruh puskesmas se Kabupaten Banyuwangi, Kamis (11/2/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono menjelaskan, IVA merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks atau pada leher rahim.

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim dan disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. 

Pada awal diderita, kanker serviks kerap tidak menimbulkan gejala sehingga sering kali baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut.

Meski demikian, beberapa hal bisa menjadi bagian dari ciri-ciri kanker serviks. Diantaranya pendarahan vagina yang tidak normal, mudah lelah akibat perdarahan tersebut. Sakit saat buang air kecil dan tidak bisa menahan keinginan untuk buang air kecil juga menjadi gejala atau ciri-ciri kanker serviks.

"Oleh sebab itu, kita perlu di hari kanker sedunia ini melakukan deteksi dini terhadap ibu-ibu, jika ada tanda-tanda yang mengarah kesana bisa dilakukan penanganan lebih cepat," kata Rio sapaan akrab dr Widji Lestariono, saat meninjau pemeriksaan IVA di Puskesmas Sobo, Banyuwangi.

Dia menyebut, ada sedikitnya 17 ibu-ibu yang antusias melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Sobo.

"Ini merupakan salah satu kegiatan peringatan kanker sedunia dengan melakukan pemeriksaan IVA gratis. Sasarannya memang terhadap ibu-ibu," imbuh Rio.

Pantauan di lapangan, selain melakukan pemeriksaan IVA gratis, Banyuwangi juga melakukan penyuntikan vaksinasi dosis kedua terhadap nakes (tenaga kesehatan).

Apa Reaksi Anda?