SUARA INDONESIA
Banner

Jelang Lebaran, Harga Komoditas Pangan di Banyuwangi Relatif Stabil

BANYUWANGI- Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (Diskopumdag) Kabupaten Banyuwangi mengklaim harga komoditas pangan jelang Lebaran 1442 Hijriah berada dalam kondisi relatif stabil.

"Alhamdulilah saat ini relatif masih aman, masih stabil yang mungkin sebelumnya pada awal puasa, sejumlah komoditas seperti ayam potong mengalami kenaikan," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi, Suminten, Selasa (4/5/2021).

Dia mengatakan, pada awal puasa daging ayam potong mengalami kenaikan hampir mendekati Rp 40.000 per kilogramnya. "Tetapi setelah itu kembali lagi ke harga Rp 33.000-Rp 35.000 sampai sekarang," ujarnya.

Suminten melanjutkan, selain daging ayam, harga telur ras juga relatif stabil yakni di harga Rp 23.000 per kilogram. Harga cabai juga sama yang awalnya meroket di Rp 70.000 kini sudah turun di Rp 42.000.

"Bawang putih masih di Rp 22 ribu, sedangkan bawang merah yang sebelumnya naik sekitar Rp 30 ribu, sekarang sudah turun Rp 24 ribu," bebernya.

Menurut Suminten, faktor yang mempengaruhi sejumlah harga komoditas pangan cenderung stabil mendekati Lebaran dikarenakan ketersedian stok yang cukup, juga adanya konsumsi masyarakat yang bervariasi.

"Selain daging ayam mungkin masyarakat juga banyak mengkonsumsi ikan laut. Jadi mengurangi konsumsi untuk daging ayam sendiri. Ini juga menjadi faktor penyebabnya," sebutnya.

Meski demikian, kata dia, tidak menutup kemungkinan harga komoditas pangan tersebut kembali naik pada saat mendekati Lebaran. 

"Mungkin nanti sekitar H-3 itu bisa saja mulai naik, oleh karenanya kita juga perlu waspada. Biasanya seperti bahan-bahan pokok strategis seperti daging sapi, daging ayam, telur, cabai rawit maupun cabai besar, bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih biasanya ikut ada kenaikan meskipun tidak terlalu signifikan," terangnya.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga, pihaknya juga sudah mempersiapkan langkah-langkah, seperti dengan cara menggelar pasar murah. "Umpama ada kenaikan, tentunya nanti kita juga akan berkoordinasi dengan Satgas Pangan Banyuwangi," tutupnya. (*)

Apa Reaksi Anda?