SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Sawah Terendam Banjir, Petani di Banyuwangi Terancam Gagal Panen

Muhammad Nurul Yaqin - 25 March 2022 | 19:03 - Dibaca 223 kali
Peristiwa Daerah Sawah Terendam Banjir, Petani di Banyuwangi Terancam Gagal Panen
Tanaman padi warga sudah siap masa panen di Dusun Pakis Rowo, Kelurahan Pakis, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, terendam banjir pada Jumat (25/3/2022) pagi. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Banjir yang melanda Dusun Pakis Rowo, Kelurahan Pakis, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, pada Jumat (25/3/2022) pagi, tak hanya merendam rumah, tapi juga lahan persawahan warga.

Genangan banjir sampai menutupi tanaman padi warga, sehingga membuat petani khawatir akan mengalami gagal panen. Terlebih tanaman padi sudah siap masa panen.

Sriwedari, salah satu warga mengaku hampir dua hektar tanaman padi miliknya terendam banjir. 

"Punya saya hampir dua hektar tak terlihat akibat genangan banjir. Padahal waktu dekat ini sudah siap dipanen," curhatnya khawatir, saat diwawancarai di lokasi.

Sriwedari mengatakan, banjir yang menggenangi padi sawahnya tersebut dampak dari hujan lebat yang terjadi pada Kamis (24/3/2022) malam, mulai pukul 19.00 WIB, hingga Jumat (25/3/2022) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

"Kami masih berharap, semoga tanaman padi kami masih bisa terselamatkan," ungkapnya.

Terpisah Kapolsek Banyuwangi AKP Kusmin membeberkan, banjir di Kelurahan Pakis tersebut menyebabkan 100 rumah warga di Jalan Pantai Cemara, Dusun Pakis Rowo, terdampak.

Ketinggian air yang diperkirakan setinggi lutut orang dewasa itu tidak hanya merendam rumah, namun juga tanaman padi petani.

"Korban jiwa tidak ada. Untuk material banyak sawah warga sudah siap panen terendam," jelas Kusmin.

Dia menyebut, banjir itu disebabkan hujan deras dengan durasi yang lama di malam harinya, sehingga membuat sungai di wilayah setempat meluap.

"Air baru surut sekitar pukul 13.00 WIB, dikarenakan air laut juga pasang, sehingga air dari sungai agak tertahan, tidak bisa los langsung ke laut," pungkas Kusmin. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV