SUARA INDONESIA
Banner

Jelang Lebaran, Pemudik Mulai Padati Bandara Banyuwangi

BANYUWANGI- Ratusan penumpang mulai memadati Bandara Internasional Banyuwangi yang hendak mudik lebaran 2022.

Plt Manager of Operasional, Service & Maintenance Bandara Banyuwangi, Prananta Sembiring menyebut, sejak angkutan lebaran dibuka pada 25 April. Penumpang sudah mulai meningkat.

"Sejak posko mudik dibuka kemarin, sudah mulai kelihatan peningkatan penumpang menjelang libur mudik lebaran," kata Prananta, Selasa (26/4/2022).

Dia menyebut, sejauh ini para penumpang masih dari pemudik yang dari luar daerah dan pulang ke Banyuwangi.

"Para penumpang banyak arus balik mudik, kemarin sampai full untuk kedatangannya. Sampai 185 penumpang padahal waktu normal mentok 150-160 penumpang," bebernya.

Pihaknya memperkirakan, puncak arus kedatangan penumpang di Bandara Internasional Banyuwangi akan terjadi pada 28 April 2022.

Saat ini, kata Prananta, ada tiga maskapai yang beroperasi. Diantaranya maskapai Citilink, Batik Air dan Susi Air.

"Susi Air ini rute Banyuwangi-Sumenep, untuk Citilink dan Batik itu rute ke Jakarta (CGK)," kata dia.

Pihak bandara juga telah memberlakukan kebijakan penambahan jam operasional dari sebelumnya berakhir pukul 14.00 WIB menjadi pukul 16.00 WIB.

"Kami proyeksikan angkutan penumpang mudik lebaran akan naik. Sehingga ini salah satu upaya untuk mengurangi lonjakan. Kami juga memastikan kesiapan personel dan fasilitas. Seperti ruang tunggu, kita tambah kapasitasnya," bebernya.

Selama periode mudik lebaran, Bandara Banyuwangi juga menyiapkan layanan vaksinasi booster khusus pengguna jasa atau penumpang pesawat.

Program tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dikarenakan aturan yang berlaku vaksinasi masih jadi syarat perjalanan baik darat, laut maupun udara.

"Sekarang kan aturannya kalau sudah vaksin booster dia tidak wajib menunjukkan rapid antigen dan PCR. Vaksin dosis dua harus menunjukkan minimal antigen, PCR juga boleh. Kalau vaksin 1 itu harus dan wajib PCR," ucap Prananta.

Selain vaksinasi, Bandara Banyuwangi juga menyediakan layanan rapid test antigen maupun swab PCR bagi penumpang.

"Selama periode mudik ini kita siapkan posko vaksin khusus pengguna jasa atau penumpang. Juga bagi mereka yang ingin melakukan Antigen dan PCR, kita siapkan juga," pungkasnya. (*)

Apa Reaksi Anda?