SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Kunjungi Pabrik Kerupuk, Gus Makki Komitmen Dukung Industri Kecil Menengah

Muhammad Nurul Yaqin - 16 October 2024 | 18:10 - Dibaca 98 kali
Politik Kunjungi Pabrik Kerupuk, Gus Makki Komitmen Dukung Industri Kecil Menengah
Gus Makki ikut belajar membuat kerupuk bersama pekerja pabrik. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Calon Bupati Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini, berkomitmen mendukung sektor industri kecil dan menengah (IKM) yang menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat.

Komitmen itu diutarakan Gus Makki saat berkunjung ke pabrik kerupuk UD Mekar Jaya di Jalan Dempo, Kelurahan Singotrunan, Banyuwangi, Rabu (16/10/2024).

"Kami berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan IKM di Banyuwangi,” ujar Gus Makki yang berpasangan dengan Ali Ruchi ini.

Dalam kunjungan itu, cabup nomor urut 2 ini berdialog langsung dengan para pekerja dan pemilik usaha. Bahkan, Gus Makki juga sempat belajar membuat kerupuk sambil dipandu para pekerja pabrik yang kebanyakan perempuan. 

Pengasuh pondok pesantren (ponpes) Bahrul Hidayah, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono ini mendengarkan keluhan terkait tantangan yang dihadapi oleh pengusaha kerupuk, seperti kenaikan harga bahan baku dan kendala lainya. 

Pasangan berjuluk Ali-Ali ini juga mengapresiasi dedikasi para pelaku usaha yang tetap bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. 

“Jika terpilih, saya akan memastikan adanya program-program yang membantu akses modal, pelatihan pengembangan usaha, serta membuka lebih banyak peluang pasar bagi produk-produk lokal seperti kerupuk ini,” janjinya.

Sebelum ke pabrik kerupuk, Gus Makki blusukan menyapa masyarakat di Pasar Ketapang. Kedatangan Gus Makki disambut pedagang dan warga yang berbelanja di pasar Ketapang. Tidak lupa, Gus Makki juga membeli sejumlah dagangan yang dijajakan. 

Bahkan, saat berada di pasar Gus Makki juga sempat didoakan oleh salah seorang pedagang dan wajahnya beberapa kali diusap-usap didoakan jadi Bupati. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV