SUARA INDONESIA
Banner

Ditetapkan Jadi Pemenang Pilbup Banyuwangi, Ipuk-Sugirah Siap Rangkul Rivalnya

BANYUWANGI- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi terpilih, Ipuk Fiestiandani dan H. Sugirah mengaku akan merangkul eks rivalnya yakni pasangan Yusuf Widyatmoko-M. Riza Aziziy di Pilbup Banyuwangi 2020.

Bupati Banyuwangi terpilih, Ipuk Fiestiandani menyampaikan bahwa sebelum ditetapkan, dirinya bersama H. Sugirah sudah bertandang silaturahmi ke kediaman Yusuf Widyatmoko demi membangun hubungan baik dan komunikasi untuk kebaikan Banyuwangi ke depan.

"Setelah pilkada kita telah melakukan komunikasi. Seperti yang saya sampaikan, kami akan berusaha mengakomodir program-program atau isu politik yang disampaikan oleh paslon 01. Karena semua visi misi ini baik," ujar Ipuk usai rapat pleno penetapan paslon terpilih oleh KPU Banyuwangi, Kamis (18/2/2021).

Sementara, kata Ipuk, dalam roda pemerintahan Banyuwangi yang akan dijalankannya nanti setelah dilantik, bakal melalui tantangan berat. Sehingga kedepan dirinya perlu memasang kuda-kuda kuat serta strategi jitu dalam menghadapi era ini.

"Seperti yang disampaikan Bupati Anas sebelumnya. Zamannya berbeda pasti tantangannya juga berbeda," katanya.

Maka dalam beberapa hari kedepan sembari menunggu masa pelantikan, Ipuk akan memanfaatkan waktu untuk banyak belajar dan menggali informasi dari beberapa kepala daerah yang di Indonesia.

"Terutama bupati perempuan, pemimpin perempuan yang sudah sukses menjadi kepala daerah," ungkapnya.

Selain itu, dalam menghadapi masa-masa sulit seperti ini Ipuk akan banyak menggali potensi yang ada di Banyuwangi. Kemudian untuk dikembangkan dan memunculkan inovasi baru dalam upaya memajukan Banyuwangi.

Disisi lain, Wakil Bupati terpilih H. Sugirah menambahkan bahwa menghadapi tantangan lain yakni minimnya APBD Banyuwangi di tahun 2021, dirinya akan menyiapkan berbagai skema.

"Dengan anggaran yang terbatas dan tugas yang banyak. Tentunya kami akan menerapkan skala prioritas yang sesuai kebutuhan masyarakat dan yang kita utamakan lebih dulu dalam rangka memulihkan ekonomi di Banyuwangi," lugasnya.

Diberitakan sebelumnya, KPU Banyuwangi menetapkan Ipuk Fiestiandani-H. Sugirah sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi terpilih.

Penetapan dilakukan setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) oleh Paslon nomor urut 1, Yusuf Widyatmoko-M. Riza Aziziy.

Paslon nomor urut 2 Ipuk Fiestiandani-H. Sugirah unggul 4,86 persen suara dari rivalnya Yusuf Widyatmoko-M. Riza Aziziy. 

Ipuk Fiestiandani-H. Sugirah memperoleh 438.847 suara atau 52,43 persen. Sementara pasangan Yusuf Widyatmoko-M. Riza Aziziy meraih 398.113 suara atau 47,57 persen. (*)

Apa Reaksi Anda?