SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Mendadak, Puluhan Calon Jemaah Haji Banyuwangi Berangkat Lebih Awal

Muhammad Nurul Yaqin - 08 June 2023 | 17:06 - Dibaca 442 kali
Peristiwa Daerah Mendadak, Puluhan Calon Jemaah Haji Banyuwangi Berangkat Lebih Awal
52 calon jemaah haji (CJH) berangkat dari Masjid KH Ahmad Dahlan Banyuwangi menuju Asrama Haji Surabaya, Kamis (8/6/2023). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Puluhan calon jemaah haji (CJH) di Banyuwangi, Jawa Timur, diberangkatkan lebih awal, Kamis (8/6/2023).

Total ada 52 CJH yang berangkat mendadak. Mereka diberangkatkan dari Masjid KH Ahmad Dahlan Banyuwangi menuju Asrama Haji Surabaya.

Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Moh Jali menyampaikan, keberangkatan dadakan CJH ini karena ada pembatasan kloter.

"Pada Senin kemarin, ada surat kebijakan pembatasan kloter. Ketepatan, yang kena kebijakan kloter 62," kata Jali.

52 CJH dari Banyuwangi itu, kata Jali, ikut dalam kloter 48 bersama calon jemaah haji lain dari Malang dan Gresik.

Para jemaah tersebut awalnya tergabung dalam kloter 62. Awalnya, calon jemaah haji asal Banyuwangi masuk dalam kloter 62, 63, dan 64.

Jatah kloter yang sebelumnya 450 dipangkas menjadi 400. Sehingga ada 50 calon jemaah haji yang harus pindah kloter. Di sisi lain, kuota yang memungkinkan ada pada kloter 37 dan 48.

"Awalnya akan dimasukkan ke kloter 37. Tapi Senin dapat informasi, besoknya langsung berangkat. Sementara jemaah belum siap," kata Jali.

Opsi lainnya, masuk dalam kloter 48. Karena dianggap waktu yang tersisa masih mencukupi, sebanyak 52 calon jemaah haji asal Banyuwangi diikutkan dalam kloter tersebut.

Informasi keberangkatan calon jemaah haji kloter 48 ke Asrama Haji Surabaya juga mendadak.

"Tadi malam saya ditelepon dari asrama haji, agar jemaah diberangkatkan masuk asrama pada hari ini. Ini yang membuat kaget. Atas dasar itu, kami mohon maaf dengan keluarga jemaah," tambah dia.

Meski mendadak dan waktu terbatas, Jali menyebut, seluruh jemaah menyatakan siap untuk berangkat hari ini.

Mereka diberangkatkan dari Masjid Ahmad Dahlan, Banyuwangi, menjelang Dhuhur. Para calon jemaah haji menaiki dua bus. Keberangkatan mereka diantar oleh para keluarga.

Jali menjelaskan, jumlah calon jemaah haji asal Banyuwangi yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 971 orang.

Selain 52 orang yang berangkat hari ini, mereka rencananya akan menuju asrama haji pada 15 Juni mendatang.

"Tanggal 15 Juni dimohon para jemaah haji kumpul di halaman Kantor Pemda pada pukul 06.00 WIB. Pukul 07.00 WIB keberangkatannya akan dilepas oleh bupati," ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV