SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Banjir di Kalibaru Banyuwangi, Tiga Jembatan Penghubung Putus

Muhammad Nurul Yaqin - 04 November 2022 | 06:11 - Dibaca 2.81k kali
Peristiwa Daerah Banjir di Kalibaru Banyuwangi, Tiga Jembatan Penghubung Putus
Kondisi jembatan di Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, hancur diterjang banjir, Kamis (3/11/2022) malam. (Istimewa).

BANYUWANGI - Banjir yang menerjang Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Kamis (3/11/2022) malam, tidak hanya merusak puluhan rumah, namun juga mengakibatkan tiga jembatan penghubung putus.

Jembatan putus akibat luapan Sungai Yas itu, masing-masing adalah Jembatan Karang Gudang, Jembatan, jembatan penghubung Kajarharjo dan jembatan penghubung Karanganyar.

Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli mengatakan, Jembatan Karang Gudang ini terletak di Desa Kalibaru Wetan atau lebih tepatnya di sekitar Kantor Pegadaian Kalibaru.

"Jembatan tersebut menjadi akses warga untuk menuju Pasar Kalibaru. Termasuk di dua jembatan penghubung lainnya. Akibatnya akses warga dusun terputus," jelasnya, Jumat (4/11/2022).

Ilzam menyebut, hujan lebat semalam, membuat air Sungai Yas di Jalan Raung meluap. Air setinggi dada orang dewasa yang masuk ke pemukiman penduduk, menghanyutkan barang rumah tangga milik warga.

Beberapa tempat ibadah seperti musala juga rusak, tombol Koramil Kalibaru ikut jebol. Data sementara, 12 rumah di Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan dilaporkan hancur, 13 rumah rusak sedang dan 6 rumah rusak ringan.

"Tidak hanya itu, kambing ternak warga di bantaran sungai juga ikut hanyut. Meski demikian, sejauh ini belum ada laporan korban jiwa atas insiden banjir di Kalibaru," ucap Ilzam.

Ilzam menyebut, banjir tersebut juga membawa tumpukan material berada di akses jalan RT 02 / RW 05 Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan.

"Sampai pagi ini kondisi banjir sudah mulai surut. Selanjutnya kita membantu melakukan pembersihan material yang menumpuk di sepanjang jalan, termasuk rumah warga terdampak," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV