SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Kantor Camat hingga Puluhan Rumah di Pesanggaran Banyuwangi Terendam Banjir

Muhammad Nurul Yaqin - 08 October 2022 | 12:10 - Dibaca 1.52k kali
Peristiwa Daerah Kantor Camat hingga Puluhan Rumah di Pesanggaran Banyuwangi Terendam Banjir
Halaman kantor Camat Pesanggaran, Banyuwangi, terendam banjir, Jumat (7/10/2022) malam. (Istimewa).

BANYUWANGI - Hujan dengan intensitas tinggi membuat kantor Camat dan Puskesmas Pesanggaran terendam genangan banjir pada Jumat (7/10/2022) malam.

Selain itu, puluhan rumah warga di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, juga terdampak banjir. Akibatnya banjir tersebut aktivitas warga sempat lumpuh, karena banjir juga menutupi sejumlah ruas jalan.

Plt Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli mengatakan, banjir di Sumberagung, Pesanggaran, diakibatkan hujan deras yang terjadi pada Jumat sore hingga Sabtu Pagi (7-8/10/2022).

"Kurang lebih ada 34 rumah di sejumlah dusun yang ada di Desa Sumberagung yang terendam banjir. Aktivitas warga lumpuh," kata Ilzam.

Ketinggian banjir yang terjadi di Desa Sumberagung cukup bervariatif. Dari yang setinggi mata kaki hingga setinggi lutut orang dewasa.

"Akses jalan utama depan kantor Kecamatan Pesanggaran kisaran 40 cm dan juga berarus sehingga mengganggu dan membahayakan pengguna jalan," bebernya.

Saat ini Tim BPBD masih melakukan pembersihan sisa banjir. Tim juga sembari melakukan asesmen untuk menghitung kerugian yang ditimbulkan.

Sebagai informasi sebagian wilayah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, telah memasuki musim penghujan lebih awal. 

Berdasarkan pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terdapat 17 kecamatan di Banyuwangi rawan dilanda bencana banjir. 

Belasan kecamatan tersebut dibagi menjadi dua tingkat kerawanan. Yakni tingkat kerawanan banjir tinggi dan sedang.

Adapun wilayah dengan tingkat kerawanan bencana banjir tinggi terdapat 10 kecamatan. Meliputi Kecamatan Banyuwangi, Kabat, Kalibaru, Kalipuro, Licin, Muncar, Pesanggaran, Rogojampi, Siliragung, dan Wongsorejo.

Sedangkan wilayah dengan tingkat kerawanan bencana banjir sedang meliputi Kecamatan Bangorejo, Blimbingsari, Cluring, Gambiran, Genteng, Giri, Glagah.

BPBD Banyuwangi juga mengimbau agar masyarakat lebih waspada terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana banjir.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV