SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Tumbuhkan Wawasan Kepemimpinan, HMI Banyuwangi Songsong Indonesia Emas 2045

Muhammad Nurul Yaqin - 28 February 2022 | 16:02 - Dibaca 1.60k kali
Pendidikan Tumbuhkan Wawasan Kepemimpinan, HMI Banyuwangi Songsong Indonesia Emas 2045
Youth Leadership Camp (YLC) yang digelar HMI Cabang Banyuwangi melalui virtual. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- HMI Cabang Banyuwangi membuat sebuah gebrakan Youth Leadership Camp (YLC) 2022. Kegiatan tersebut menyasar siswa SMA/SMK se-Banyuwangi.

Dengan mengusung tema Centtennial's Banyuwangi Leads the Brighter Future For Indonesia's Golden 2045. HMI Cabang Banyuwangi, ingin menumbuhkan wawasan kepemimpinan yang tertanam mulai sejak dini.

"YLC 2022 dapat menjadi titik terbentuknya jiwa kepemimpinan dari siswa, peningkatan kemampuan dan wawasan kepemimpinan secara signifikan serta semangat untuk terus mengembangkan potensi diri secara optimal," kata ketua panitia kegiatan, Arjun Mahendra, Senin (28/2/2022).

Kegiatan tersebut digelar melalui video conference sejak 26-27 Februari lalu, HMI menyuguhkan materi yang kompleks dan segar untuk dicerna kalangan siswa tersebut.

Ada 7 materi diantaranya organizational development plan dan build mind contraction as a leader yang dipaparkan langsung oleh Ketua HMI Cabang Banyuwangi Nauval Witartono.

Berikutnya terdapat basic concept of leadership and management di paparkan oleh Nurcholis Mahendra selaku Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Kemudian develop public policy and procedures oleh Wijianto yang merupakan peraih beasiswa LPDP pada program magister perencanaan dan kebijakan ekonomi Universitas Indonesia. 

Discourse and conflict management oleh Febrian Satria Hidayat selaku Sekretaris Jenderal Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia. 

Spreading the radicalism : Real Threat to Sovereignty of Indonesia yang diisi oleh perwakilan Kepolisian Resor Kota Banyuwangi yakni IPDA Samsul Muarif.

Terakhir materi The importance of being wise in social media to fight hoaxes oleh Syamsul Arifin yang merupakan Koordinator Daerah Banyuwangi pada Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia. 

"YLC diikuti oleh 100 siswa SMA dan SMK se-Banyuwangi yang merupakan delegasi dari organisasi kesiswaan yakni osis," ujarnya.

Kabid Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) HMI Cabang Banyuwangi ini pun berharap dari kegiatan YLC 2022 dapat melahirkan futuristic leaders sebagai role model di masing-masing sekolah.

"Lebih jauh dapat menjadi benih-benih SDM unggul yang akan turut menyongsong terwujudnya indonesia emas 2045 mendatang," pungkasnya.

HMI Cabang Banyuwangi berkomitmen menumbuhkan dan mengembangkan sumber daya manusia unggul untuk menjadi penerus pemimpin bangsa.

Melalui kelas-kelas dan pelatihan yang intens dilakukan HMI, menunjukkan bahwa organisasi yang didirikan Prof Lafran Pane ini serius untuk mencetak kader bangsa. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV