SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Lurah Kertosari Banyuwangi Apresiasi Kegiatan Unair Surabaya

Muhammad Nurul Yaqin - 27 October 2020 | 21:10 - Dibaca 3.56k kali
Pendidikan Lurah Kertosari Banyuwangi Apresiasi Kegiatan Unair Surabaya
Lurah Kertosari Joko Handoko didampingi tim Unair Surabaya saat memberikan sambutan, Selasa (27/10/2020).

BANYUWANGI - Lurah Kertosari Joko Handoko mengapresiasi kegiatan tim pengabdian kepada masyarakat dari Prodi Statistika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu posyandu di kelurahan setempat, Selasa (27/10/2020).

Kata Joko, dari materi yang diangkat tentang peningkatan pendidikan gizi dalam rangka pencapaian keluarga sadar gizi dengan memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi android dan website, sangat membantu dalam penentuan status gizi balita di Kelurahan Kertosari, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi.

"Dengan kegiatan ini memudahkan para kader untuk menentukan anak itu kurang gizi, terus gizinya cukup dan sebagainya dengan menggunakan aplikasi yang diajarkan tim dari Unair," ungkapnya.

Ia menerangkan, baru pertama kali ini para kader posyandu di kelurahan setempat menerima ilmu yang dapat membantu mempermudah pemantauan perkembangan anak.

Meski hanya diikuti sejumlah perwakilan dari 45 kader yang tersebar di 9 posyandu se Kelurahan Kertosari. Namun antusias mereka sungguh luar biasa.

"Karena mengurangi kerumunan di masa pandemi kita batasi 10 orang, 9 dari kader posyandu itu 1 lagi dari perwakilan Puskesmas. Sisanya tetap ikut kegiatan ini tetapi secara daring menggunakan zoom," tuturnya. 

Joko berharap dengan kegiatan edukasi dari Unair ini bisa diserap dan diimplementasikan oleh para kader posyandu.

Sementara itu, Ketua Penggerak PKK Kelurahan Kertosari Suparminingsih mengaku senang dan bermanfaat untuk para kader posyandu.

"Manfaatnya jelas, kita bisa mengetahui status gizi balita di masing-masing posyandu. Ini bisa mempermudah input data dan bisa membantu ibu bidannya juga untuk laporan ke Dinas Kesehatan," ungkapnya.

Dalam penyuluhan ini, dia juga sudah menerjunkan perwakilan kader yang berkompeten di bidang IT. Sehingga bisa menyimak apa yang diajarkan dari tim Unair Surabaya.

"Alhamdulilah sudah diajarkan bagaimana langkah-langkahnya, tidak ada kesulitan. Tinggal ini kita aplikasikan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV