SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Ketua Golkar Jatim Beri Sinyal Dukung Ruliyono Maju Bupati Banyuwangi 

Muhammad Nurul Yaqin - 26 August 2023 | 08:08 - Dibaca 1.34k kali
News Ketua Golkar Jatim Beri Sinyal Dukung Ruliyono Maju Bupati Banyuwangi 
Ketua Golkar Banyuwangi, Ruliyono. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur (Jatim), M. Sarmuji memberi sinyal dukungan kepada Ketua Golkar Banyuwangi, Ruliyono sebagai Calon Bupati pada Pilkada 2024 mendatang.

Dukungan itu disampaikan Sarmuji usai melepas calon anggota legislatif (caleg) yang maju dari daerah pemilihan (dapil) Jatim III meliputi Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso, Jumat (25/08/2023) kemarin.

Sarmuji menyebut, Ruliyono akan diprioritaskan maju jadi Calon Bupati Banyuwangi asalkan bisa menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) yang dibebankan kepadanya.

Tugas tersebut, kata dia, Banyuwangi harus bisa memperoleh 10 kursi di DPRD. Sementara saat ini perolehan kursi Golkar di DPRD Banyuwangi masih 5.

Jika target tersebut tercapai, maka Golkar bisa memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri di Pilkada Banyuwangi mendatang.

"Kalau pak Ruli berprestasi, misalkan pak Ruli bisa mendapatkan 10 kursi legislatif, bisa berangkat sendiri (pengusung tunggal) tentu pak Ruli kita pertimbangkan dan kita prioritaskan untuk maju," ujar Sarmuji.

Karena berdasarkan aturan, partai politik (parpol) setidaknya meraih 20 persen dari jumlah kursi DPRD pada pemilu legislatif. Sehingga memenuhi persyaratan sebagai partai pengusung tunggal pada pemilihan bupati.

Kendati demikian, tambah Sarmuji, ada cara lain agar Ruliyono tetap bisa maju mencalonkan bupati meski perolehan kursi di legislatif tak mencapai target. Yakni dengan berkoalisi bersama parpol lainnya.

"Kalau tidak pasti, ada negosiasi dengan partai lain sebagai apa," ungkapnya.

Menanggapi sinyal dukungan tersebut, Ketua Golkar Banyuwangi Ruliyono mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi target yang diharapkan oleh Golkar Jatim.

Meski diakui Ruli sapaan akrab Ruliyono, untuk memperoleh 10 kursi di DPRD Banyuwangi dirasa sangat sulit. Karena Golkar harus berusaha lebih keras "bertarung" dengan para parpol pesaingnya untuk merebut hati rakyat.

"Saya rasa tidak mudah. Bagi kami untuk perolehan kursi legislatif di Banyuwangi, 8 kursi sudah berat. Ini saya berbicara realita. Tapi yang pasti, kami akan berusaha maksimal," cetusnya.

Ruli menyebut, jika memang dirinya nanti tidak bisa mencalonkan diri jadi Bupati, ia menegaskan akan tetap bersemangat berjuang memenangkan Golkar di Banyuwangi.

"Umpama saya gak mencalonkan bupati, gak jadi persoalan. Yang penting saya sudah usaha. Selaku Ketua Partai, saya akan terus berjuang bagaimana Golkar bisa memenangkan kontestasi politik ini," tegasnya mengakhiri wawancara.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV