SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Perdana, KA Blambangan Ekspres Relasi Ketapang - Semarang Tawang PP Resmi Beroperasi

Muhammad Nurul Yaqin - 02 December 2022 | 22:12 - Dibaca 2.51k kali
Ekbis Perdana, KA Blambangan Ekspres Relasi Ketapang - Semarang Tawang PP Resmi Beroperasi
KA Blambangan Ekspres Relasi Ketapang - Semarang Tawang pulang pergi (PP) resmi beroperasi. Pemberangkatan perdana dilakukan di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jumat (2/12/2022) malam. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Kereta Api (KA) Blambangan Ekspres Relasi Ketapang - Semarang Tawang pulang pergi (PP) telah resmi beroperasi.

Peluncuran Kereta Api baru itu diresmikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Peresmian pemberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres dilakukan di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jumat (2/12/2022) malam.

Bupati Ipuk berharap, penambahan rute baru yang disediakan oleh PT KAI ini bisa membawa dampak perekonomian bagi Banyuwangi lebih baik lagi.

"Pastinya ini akan berdampak pada ekonomi Banyuwangi dan gol nya adalah kesejahteraan masyarakat," ucap Ipuk kepada wartawan.

Selain mengangkut penumpang, kereta ini juga menyediakan jasa logistik. Sehingga harapannya, kata Ipuk, bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM Banyuwangi.

"Tentu jika ada pelaku UMKM ingin mengirim barang ke Kota Semarang bisa menggunakan fasilitas yang disediakan PT KAI tersebut," ungkapnya.

Tak hanya itu, tambah Ipuk, Blambangan Ekspres yang dijadikan brand peluncuran Kereta Api baru ini sangat melekat dengan nama Banyuwangi.

"Blambangan Ekspres, ini membawa nama Banyuwangi sekali. Kita juga berharap dengan PT KAI membuka layanan baru ini, pastinya akan banyak orang masuk ke Banyuwangi baik untuk berwisata dan berinvestasi," cetusnya.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal berucap, kehadiran KA Blambangan Ekspres Relasi Ketapang - Semarang Tawang untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Ketapang menuju Surabaya hingga Semarang dan sebaliknya.

"Perjalanan KA Blambangan Ekspres ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Mengingat selama ini belum ada perjalanan kereta api yang menghubungkan Ketapang, Banyuwangi dengan Semarang secara langsung," paparnya.

Penamaan KA Blambangan Ekspres, terangnya, terinspirasi dari nama salah satu nama kerajaan yang pernah berkuasa di ujung timur Pulau Jawa yakni Kerajaan Blambangan. "Harapannya, KA Blambangan Ekspres akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut," tegas Broer Rizal.

KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Ketapang pada pukul 19.30 dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44. Sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18.05 dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40. 

Tiket KA Blambangan Ekspres dapat dibeli masyarakat dengan harga murah karena selama keberangkatan 2 s.d 18 Desember 2022 KAI memberikan diskon untuk kuota terbatas. 

Tarif tiket promo tersebut untuk kelas Eksekutif hanya Rp 250.000 dan kelas Ekonomi hanya Rp150.000. Pelanggan dapat membeli tiket promo ini melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. 

KA Blambangan Ekspres memiliki sejumlah fasilitas yang dapat dinikmati oleh pelanggan seperti pendingin ruangan, restorasi, toilet ramah lingkungan, serta fasilitas-fasilitas lainnya. Khusus pada kelas eksekutif, kursinya dapat direbahkan dan diputar serta terdapat layar hiburan.

“Diharapkan dengan hadirnya KA Blambangan Ekspres ini, dapat memberikan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” tutup Broer Rizal.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya