SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Sambut Ramadan! Pantai Ancol Plengsengan Banyuwangi Dibersihkan, Beri Kenyamanan Bagi Pengunjung

Muhammad Nurul Yaqin - 20 March 2023 | 12:03 - Dibaca 4.52k kali
Wisata Sambut Ramadan! Pantai Ancol Plengsengan Banyuwangi Dibersihkan, Beri Kenyamanan Bagi Pengunjung
Kegiatan bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Ancol Plengsengan, Kelurahan Lateng, Banyuwangi, Senin (20/3/2023). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Sekumpulan pemuda bersama paguyuban pedagang kaki lima (PKL) melaksanakan aksi bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Ancol Plengsengan, Kelurahan Lateng, Banyuwangi, Senin (20/3/2023).

Selain bersih-bersih, mereka juga melakukan penanaman bibit pohon guna menjaga lingkungan sekitar tetap asri. Aksi gotong royong itu merupakan persiapan menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan.

"Kebersihan daerah kita bukan lagi tanggung jawab sebagian pihak. Bukan hanya pemerintah, melainkan dari masyarakat sekitar," kata Pemuda Plengsengan, Rino Alfianto.

Menurut Rino, aksi bersih pantai ini diharapkan dapat terus menjadi cara mengedukasi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dan kebersamaan dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di tempat wisata.

Menjelang bulan puasa, tempat-tempat rekreasi ramai dikunjungi masyarakat, salah satunya di sepanjang area Plengsengan yang terkenal dengan kulinernya. Oleh sebab itu mereka menyiapkan agar para wisatawan menikmati suasana yang bersih, nyaman dan aman lewat aksi itu.


"Ramadan terkenal dengan bulan yang suci, bersih, dan penuh berkah. Kita tunjukkan lewat aksi ini bagaimana harus bisa memberi servis tebaik kepada pengunjung," tambah Rino.

Ketua Paguyuban PKL Plengsengan Lateng, Gembil mengapresiasi langkah pemuda untuk memfokuskan gotong-royong di kawasan destinasi wisata setempat.

Ia juga berharap, selain sebagai edukasi terhadap masyarakat, aksi bersih-bersih ini bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan sinergitas antara pemerintah daerah, para PKL, pemuda, serta masyarakat.

"Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya buat teman-teman pemuda dan stakeholder yang terlibat. Tentu kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi kawasan wisata Ancol Plengsengan," tuturnya.

Sebagai informasi aksi bersih-bersih itu juga diikuti masyarakat sekitar, pihak Kelurahan Lateng, Babinsa hingga Babinkamtibmas.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV