SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Barisan Petani-Nelayan Banyuwangi Bersatu Dukung Ipuk-Mujiono

Muhammad Nurul Yaqin - 23 October 2024 | 15:10 - Dibaca 46 kali
Politik Barisan Petani-Nelayan Banyuwangi Bersatu Dukung Ipuk-Mujiono
Ratusan Barisan Petani dan Nelayan (Baristan) berikan dukungan kepada Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Ipuk-Mujiono. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Ratusan Barisan Petani dan Nelayan (Baristan) berkumpul di Desa Lemahbangkulon, Kecamatan Singojuruh, Rabu (23/10/2024). Mereka bersatu mendukung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi nomor urut 1, Ipuk Fiestiandani-Mujiono.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan anggota Baristan, yang meminta Ipuk melanjutkan program-program pertanian dan perikanan yang selama ini telah mereka rasakan dampaknya. 

“Bu Ipuk punya komitmen kuat mendukung petani dan nelayan. Dibuktikan dari program-program yang selama ini digelontorkan. Kami berharap di periode berikutnya, sektor pertanian dan perikanan bisa lebih maju lagi,” kata Wakil Ketua Baristan, M. Khoiri.

Khoiri mengatakan selama 3,5 tahun kepemimpinan Ipuk, sektor pertanian dan perikanan terus mengalami kemajuan. Banyak potensi yang terus digali dan ditingkatkan. Seperti penggunaan teknologi modern, diversifikasi olahan pangan, ekspor pertanian dan perikanan, dan lainnya.  

"Kami telah merasakan banyak dampak positif dari berbagai program yang Bu Ipuk gulirkan selama ini. Karena itu, program-program itu harus terus dilanjutkan," jelas Khoiri. 

Sementara Ipuk berterima kasih atas dukungan barisan petani dan nelayan. Ipuk berkomitmen akan terus mendukung sektor pertanian dan perikanan yang menjadi tulang punggung perekonomian Banyuwangi selama ini.

"Pertanian dan perikanan telah terbukti sebagai sektor yang mampu bertahan bahkan di tengah pandemi Covid-19. Kami akan terus mendukung teknologi dan sarana yang dibutuhkan agar kesejahteraan petani dan nelayan meningkat," ujar Ipuk.

Selama menjabat, Ipuk berhasil menjaga ketahanan pangan dan memastikan Banyuwangi selalu surplus pangan seperti produksi padi, jagung, kedelai, dan komoditas lainnya. Ia juga mengembangkan program-program bantuan alat pertanian untuk memodernisasi pertanian.

Ipuk juga mendorong anak muda untuk terjun ke bisnis pertanian dan subsektornya melalui program Jagoan Tani. 

“Saat ini Banyuwangi sudah lebih dari mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal, bahkan memenuhi kebutuhan pangan ke luar daerah. Tak hanya itu, sektor pertanian manggis, buah naga dan jeruk kita juga sudah ekspor,” tambah Ipuk.

Begitu dengan sektor perikanan, banyak produk-produk hasil olahan laut dari Banyuwangi juga banyak dikirim ke Mancanegara. Seperti ke Jepang, Amerika, China, Vietnam, Korea, dan masih banyak lagi.

“Selama ini sektor perikanan kita sudah berhasil menembus pasar ekspor. Ke depan akan terus diperkuat," tambah Ipuk.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV