SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Gus Makki Serap Aspirasi Peternak Bangorejo-Siliragung, Janjikan Pembangunan Puskeswan

Muhammad Nurul Yaqin - 08 October 2024 | 19:10 - Dibaca 394 kali
Politik Gus Makki Serap Aspirasi Peternak Bangorejo-Siliragung, Janjikan Pembangunan Puskeswan
Gus Makki saat bertemu peternak. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Calon Bupati Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini bertemu ratusan peternak di Kecamatan Bangorejo dan Siliragung, Selasa (8/10/2024).

Gus Makki menyerap aspirasi peternak yang tergabung dalam Bolo Ngarit tersebut. Saat berdialog, para peternak menginginkan adanya pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di masing-masing kecamatan.

Permintaan mereka bukan tanpa sebab. Tujuannya agar peternak kambing dan sapi di dua wilayah itu tidak perlu jauh-jauh ke Pesanggaran untuk memeriksa ternaknya.

“Kami ingin ada Puskeswan di daerah Bangorejo dan Siliragung, sehingga kami tidak perlu jauh-jauh datang ke Pesanggaran," ungkap Bejo, salah seorang peternak.

Selain itu, dikatakan peternak lainnya, Arifin, pihaknya juga berharap ada perhatian lebih untuk peternak di wilayah Banyuwangi selatan dari cabup nomor urut 2 itu jika nantinya terpilih jadi Bupati.

Sementara Gus Makki berkomitmen untuk mendukung para peternak jika ditakdirkan jadi Bupati Banyuwangi. Mulai dari penyediaan akses terhadap pasar yang lebih luas, hingga bantuan teknis dalam pengelolaan peternakan yang modern. 

Menurut Gus Makki, sektor peternakan memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi pedesaan. Usaha peternakan menunjukkan potensi besar yang perlu didukung oleh kebijakan yang tepat dan berkelanjutan.

“Agar bisa lebih maksimal dan optimal dalam laden-laden peternak, maka awal jika ditakdirkan jadi Bupati, kami akan kembalikan peran Dinas Peternakan seperti dulu lagi. Tidak lagi jadi satu dengan Dinas Pertanian dan Pangan," ujar Gus Makki.

Ditambahkannya, peran-peran Dinas Peternakan akan lebih optimal dan maksimal. Termasuk penyediaan akses layanan berupa fasilitas Puskeswan di Kecamatan Bangorejo dan Siliragung. 

"Pentingnya inovasi dalam pengelolaan peternakan, maka akan kita manfaatkan teknologi dan pengetahuan modern agar peternakan di Banyuwangi tidak hanya bertahan, tapi bisa berkembang lebih pesat," tegasnya.

Pasangan calon ini juga berjanji untuk menjadikan sektor peternakan sebagai salah satu prioritas dalam program kerja mereka, dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan swasta, untuk meningkatkan investasi di bidang ini. 

“Kami tidak ingin hanya membangun untuk hari ini, tapi juga untuk masa depan anak cucu kita. Kesejahteraan peternak adalah bagian penting dari cita-cita kami untuk menjadikan Banyuwangi Hebat Rakyat Bahagia," pungkasnya. (*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV