SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Paslon Ali-Ali Daftar ke KPU Banyuwangi, Optimis Menang Lawan Dominasi Ipuk-Mujiono

Muhammad Nurul Yaqin - 28 August 2024 | 15:08 - Dibaca 1.07k kali
Politik Paslon Ali-Ali Daftar ke KPU Banyuwangi, Optimis Menang Lawan Dominasi Ipuk-Mujiono
Paslon Ali Makki Zaini dan Ali Ruchi atau Ali-Ali, dikawal ratusan pendukung saat mendaftar di KPU Banyuwangi, Rabu (28/8/2024) siang. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Banyuwangi, KH Muhammad Ali Makki Zaini dan Ali Ruchi mendaftar ke KPU, Rabu (28/8/2024) siang.

Duet pasangan calon berjuluk Ali-Ali ini dikawal ratusan warga berpakaian serba putih beratribut PKB. Menariknya, pasangan Ali-Ali ini hanya diusung oleh partai tunggal, yakni PKB.

Meski hanya satu partai, Ali-Ali optimis bisa meraih kemenangan dari paslon Ipuk-Mujiono yang memperoleh dominasi 16 dukungan parpol peserta pemilu.

Diketahui, paslon Ipuk-Mujiono terlebih dahulu mendaftar di KPU pada hari yang sama, namun berbeda waktu. Ipuk-Mujiono mendaftar di pagi harinya.

“Meski demikian, kami optimis menang. PKB akan berkoalisi dengan rakyat Banyuwangi,” ujar Gus Makki.

Paslon Ali-Ali awalnya berangkat dari kantor PKB, di Jalan Letjen S Parman, Kelurahan Pakis, diantar ratusan pemotor beratribut PKB. 

Setibanya di lokasi, seruan salawat badar turut mengiringi setiap langkah pasangan yang mengusung tagline perubahan ini dari jalan raya hingga masuk ke gerbang KPU. 

"Alhamdulillah, kami diantar oleh KH Abdul Ghofar, perpajangan DPP PKB. Kemudian KH Abdul Malik Syafaat, Ketua DPC PKB Banyuwangi, bersama para kiai yang hadir," kata Gus Makki.

Gus Makki menjelaskan, tak menjadi masalah apabila pasangan Ali-Ali hanya diusung oleh PKB. Menurutnya, pemilihan bupati tak selalu berkaitan dengan jumlah partai pengusung.

"Kali ini adalah pilihan bupati, bukan pilihan partai politik. Kami hanya diusung PKB, dan akan memenangkan melalui perahu PKB," tuturnya.

Gus Makki juga tak merasa bermasalah apabila pasangan Ali-Ali dianggap sebagai pasangan yang kecil.

"Semakin kami dianggap kecil, semakin kami menunjukkan bahwa kami tidak sesuai dengan anggapan itu," ujarnya.

Setelah mendaftar, pasangan Ali-Ali pergi meninggalkan KPU. Gus Makki sempat berorasi di hadapan pendukung yang mengantarnya. Menyemangati mereka untuk memenangkan Pilkada ini.

Menurut Gus Makki, pihaknya akan mengunjungi beberapa pihak untuk meminta dukungan, antara lain ke Kantor Muhammadiyah dan LDII setempat.

"Kami juga akan sowan-sowan kepada para sesepuh setelah ini," ungkapnya.

Gus Makki juga menyampaikan, saat ini ada satu parpol yang juga sudah merapat ke Ali-Ali, yakni Partai Bulan Bintang (PBB). Dengan demikian, paslon ini hanya didukung dua parpol di Pilkada Banyuwangi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV