SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Resmi Dilantik, Lima Komisioner KPU Banyuwangi Periode 2024-2029 Siap Bertugas

Muhammad Nurul Yaqin - 14 June 2024 | 08:06 - Dibaca 848 kali
Politik Resmi Dilantik, Lima Komisioner KPU Banyuwangi Periode 2024-2029 Siap Bertugas
Lima komisioner KPU Banyuwangi 2024-2029, dari kiri Edi Saiful Anwar, Dian Purnawan, Enot Sugiharto, Anang Lukman Afandi, dan Moh. Qowim. (Foto: Dok KPU Banyuwangi).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Lima komisioner KPU Banyuwangi periode 2024-2029 resmi dilantik KPU RI, Kamis (13/6/2024) kemarin.

Kelimanya adalah Dian Purnawan, Anang Lukman Afandi, Edi Saiful Anwar, Enot Sugiharto, dan Moh. Qowim.

Dari lima komisioner KPU Banyuwangi 2024-2029, tiga diantaranya merupakan wajah lama, yaitu Dian Purnawan, Anang Lukman Afandi, dan Edi Saiful Anwar.

Periode sebelumnya, Dian Purnawan menjabat sebagai Komisioner Divisi SDM Parmas dan Sosdiklih KPU Banyuwangi.

Anang Lukman Afandi pernah menjabat komisioner Bawaslu Banyuwangi periode 2018-2023. 

Sedangkan Edi Saiful Anwar juga pernah menjabat komisioner KPU Banyuwangi periode 2014-2019.

Untuk dua wajah baru adalah Enot Sugiharto, dan Moh. Qowim.

Usai dilantik, lima komisioner KPU Banyuwangi ini langsung dihadapkan dengan tahapan Pilkada serentak 2024 yang tahapan demi tahapan sudah berjalan.

Mereka mengaku siap menjalankan tugas untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu di Banyuwangi yang berkualitas.

 "Kami berkomitmen untuk bekerja keras dan bersinergi dengan berbagai pihak guna memastikan setiap tahapan pemilu berjalan dengan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Dian Purnawan, Jumat (14/6/2024).

Dalam waktu yang relatif singkat, KPU Banyuwangi harus memastikan segala persiapan, termasuk daftar pemilih tetap, logistik Pilkada, serta sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya partisipasi mereka.

Tantangan lain yang tak kalah penting adalah menangkal hoaks dan disinformasi yang kerap muncul menjelang Pilkada. 

Untuk itu, KPU Banyuwangi berencana untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, pemerintah, TNI, Polri, termasuk media massa dan stakeholder lainnya, guna memberikan edukasi yang tepat kepada masyarakat.

Enot Sugiharto, salah satu komisioner baru, menambahkan bahwa mereka juga akan fokus pada peningkatan partisipasi pemilih, terutama di kalangan pemilih muda dan pemula. 

“Kami ingin memastikan bahwa suara setiap warga Banyuwangi, terutama generasi muda, dapat tersalurkan dengan baik dalam pemilu nanti," ujar Enot.

Dengan pelantikan ini, KPU Banyuwangi kini siap untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka, mengawal demokrasi dan memastikan setiap proses pemilu berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.

Selain itu, lima komisioner KPU Banyuwangi bakal melakukan pleno untuk menyepakati penunjukan ketua, dan divisi yang bakal bertugas di KPU. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV