SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Elektabilitas Golkar Jatim Meroket, Naik di Peringkat ke-3 Ungguli Gerindra

Muhammad Nurul Yaqin - 25 February 2023 | 14:02 - Dibaca 1.18k kali
Politik Elektabilitas Golkar Jatim Meroket, Naik di Peringkat ke-3 Ungguli Gerindra
Giat Partai Golkar di Banyuwangi. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Elektabilitas Partai Golkar Jatim dibawah sosok figur M Sarmuji terus meroket. Kini posisi Golkar Jatim berada di urutan tiga besar menyalip Gerindra.

Hal itu berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) tentang elektabilitas partai politik di Jawa Timur setahun jelang pemilihan legislatif.

Diketahui, pada 3 bulan lalu Golkar masih berada di peringkat keempat dan setahun lalu masih di peringkat kelima. Namun sekarang, Golkar Jatim menunjukkan perkembangan yang pesat dan membalik keadaan.

Kejutannya, Golkar Jatim kini berada di urutan tiga besar dengan elektabilitas 12,9%, mengungguli Gerindra yang memiliki elektabilitas 12,3%. Komposisi lima besar dilengkapi oleh Partai Demokrat dengan elektabilitas sebesar 10,7%. 

Sementara parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim yang tiga bulan lalu masih PKB kini disalip PDI Perjuangan. Partai besutan Megawati ini menduduki peringkat pertama dengan elektabilitas 16.7%. Elektabilitas PKB kini sebesar 15,4%, berada di urutan kedua.

Hasil survei ARCI menyebut, trend Golkar terus meningkat hingga menembus 3 besar karena gencarnya partai melakukan sosialisasi ke bawah dengan menggaet anak-anak muda potensial di Jatim.

Elektabilitas Golkar yang terus meroket itu disambut baik oleh pengurus partai Golkar di kabupaten/kota di Jatim. Salah satunya datang dari Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono.

Ruli mengaku bersyukur, berbagai strategi yang dilakukan Golkar Jatim termasuk di Banyuwangi dan kabupaten/kota lain untuk menaikan elektabilitas partai tidak sia-sia.

"Saya sangat bersyukur berdasarkan hasil survei ini. Kalau kita sadari, Partai Golkar itu adalah partai berpengalaman yang bisa mengayomi semua, termasuk milenial, dan partai yang konsisten menjaga NKRI," ujarnya.

Elektabilitas Golkar kian pesat juga tidak luput dari kiprah Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji di dunia politik bersama jajaran pengurus.

Sarmuji adalah tokoh muda Partai Golkar yang merambah dunia organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan dari level daerah sampai level nasional.

Di internal Golkar, Sarmuji pernah menjabat Sekjen DPP AMPG, Wakil Sekjen DPP Golkar dan kini aktif sebagai Ketua Partai Golkar Jatim.

"Kehadiran Bapak Sarmuji sebagai tokoh muda yang kaya pengalaman dan memiliki jaringan luas di tingkat nasional, saya yakin bisa membawa nama Golkar di Jatim kian maju ke depannya," ungkap Ruli.

Elektabilitas Golkar Jatim yang tumbuh pesat ini juga menjadi modal semangat, salah satunya Golkar Banyuwangi untuk terus sibuk berjuang meraih kemenangan di Pemilu 2024.

"Kami optimis elektabilitas Golkar akan terus pesat ke depan," pungkasnya.

Informasi tambahan, survei ARCI itu dilakukan pada 9 Februari 2023 hingga 17 Februari 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 3,0%.

Berikut hasil survei ARCI elektabilitas parpol di Jatim:

1. PDI Perjuangan: 16,7%

2. PKB: 15,4%

3. Golkar 12,9%

4. Gerindra: 12,3%

5. Demokrat: 10,7%

6. NasDem: 5,2%

7. PPP: 3,9%

8. Perindo: 3,7%

9. PKS: 3,1%

10. PAN: 3,1%

11. Hanura: 1,4%

12. PSI: 1,2%

13. PBB: 1,2%

14. Ummat: 1,2%

15.Gelora: 0,7%

16. PKN: 0,5%

17. Garuda: 0%

Tidak menjawab/tidak mengetahui: 7,1%

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV