SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Sumail Abdullah Ajak Seluruh Pihak Duduk Bersama Atasi Banjir di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 13 February 2023 | 22:02 - Dibaca 1.64k kali
Politik Sumail Abdullah Ajak Seluruh Pihak Duduk Bersama Atasi Banjir di Banyuwangi
Anggota Komisi V DPR RI Sumail Abdullah saat memberikan bantuan sembako pada korban banjir di Banyuwangi, Senin (13/2/2023). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Anggota Komisi V DPR RI Sumail Abdullah, mengajak seluruh pihak duduk bersama mencari solusi mengatasi banjir di wilayah perkotaan Banyuwangi.

Hal tersebut diutarakan Sumail saat mengunjungi korban banjir di Lingkungan Ujung, Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi, Senin (13/2/2023).

Menurutnya, banjir di Banyuwangi selama tiga hari terakhir cukup besar hingga merendam beberapa titik di wilayah Banyuwangi Kota.

"Di tahun ini banjirnya luar biasa, sampai tiga hari yang selama ini belum pernah terjadi seperti itu. Sehingga perlu perhatian seluruh pihak,” ujar Politisi Partai Gerindra ini.

Sebagai bentuk kepedulian, Sumail juga tidak tinggal diam. Dirinya akan membawa persoalan tersebut ke pusat untuk dicarikan solusi.

"Saya akan mencoba berkoordinasi dengan Kementerian dan Pemerintah Daerah setempat untuk mencari solusi permanen terkait persoalan banjir yang selama ini terjadi di Banyuwangi," ucapnya.

Dalam mengatasi persoalan banjir, salah satu upaya yang bisa dilakukan menurut Sumail adalah normalisasi sungai dari hulu hingga ke hilir.

Kemudian soal tata ruang wilayah harus benar-benar berdasarkan kajian-kajian. Pemerintah daerah, kata Sumail, juga harus memperhatikan bangunan-bangunan yang berdiri di bantaran sungai yang dapat menyebabkan penyempitan aliran sungai.

"Hal seperti itu harus dilakukan pencegahan, jangan sampai sungai sempit karena air pasti meluap," tuturnya.

Selain itu, ekosistem di hulu jangan sampai ada pembalakan yang tidak terkendali. Karena kurangnya resapan, sehingga berdampak pada bagian hilir.

"Intinya seluruh stakeholder harus terlibat dalam menangani persoalan banjir ini," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sumail membagikan bantuan di tengah perkampungan padat penduduk di Lingkungan Ujung yang menjadi titik langganan banjir.

Ia datang membawa bantuan kurang lebih 200 paket sembako. Ratusan bantuan itu dibagikan kepada warga korban banjir.

Politisi asal Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi itu menyempatkan berdialog dengan beberapa warga korban banjir di wilayah itu.

"Kami hadir sebagaimana yang diperintahkan Pak Prabowo untuk selalu dekat dengan masyarakat, selalu mendengar keluhan masyarakat, walaupun ini juga tidak menyelesaikan masalah," kata Sumail.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV