SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Pileg 2024, Golkar Banyuwangi Jaring Bacaleg Potensial

Muhammad Nurul Yaqin - 01 October 2022 | 16:10 - Dibaca 1.54k kali
Politik Pileg 2024, Golkar Banyuwangi Jaring Bacaleg Potensial
Ketua DPD Golkar Banyuwangi, Ruliyono. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Banyuwangi, masih menjaring bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. 

Penjaringan bacaleg tersebut telah dibuka Golkar Banyuwangi melalui pendaftaran secara terbuka. "Capaian saat ini masih 60 persen," cetus Ketua DPD Golkar Banyuwangi, Ruliyono, Sabtu (1/10/2022).

Ruli menyampaikan, langkah partai berlambang pohon beringin ini tidak sembarangan dalam menjaring bacaleg. Golkar memastikan para calon legislatif (caleg) yang diterjunkan nantinya memiliki potensi besar.

"Khususnya dalam meraup suara maksimal, kira-kira diterima tidak di masyarakat. Jadi kita lakukan seleksi secara administratif oleh tim penjaringan dan penyaringan yang kami bentuk," kata Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini.

Ruli menjelaskan, bacaleg yang dipilih mengutamakan sosok yang potensial, karena kembali lagi pada target perolehan suara. Dimana Golkar membidik 7-8 kursi untuk DPRD Banyuwangi.

Artinya, lanjut Ruli, Golkar tidak hanya membuka ruang untuk kader, melainkan juga nonkader. Terpenting bacaleg yang dipilih memiliki elektabilitas hingga modal sosial tinggi.

"Jadi yang jelas, Partai Golkar telah membuka seluas-luasnya bagi teman-teman yang potensial untuk menjadi wakil rakyat Kabupaten Banyuwangi. Syukur-syukur kalau perempuan, insyaallah banyak diterimanya," ungkapnya.

Disisi lain, Ruli mengatakan, selain memperhatikan bacaleg potensial. Tidak kalah penting, yakni para bacaleg yang mendaftar di Golkar Banyuwangi harus memenuhi syarat yang ditentukan KPU.

"Selain itu, bacaleg yang mendaftar lewat Golkar harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh partai," tegasnya.

Lebih lanjut Ruli menyampaikan, saat ini capaian perekrutan bacaleg masih mencapai 60 persen, karena kemarin pihaknya fokus pada konsolidasi, penyelesaian Kartu Tanda Anggota (KTA) dan pendaftaran parpol lewat akses Sipol KPU.

"Kemudian kami tengah mempersiapkan HUT Golkar pada 20 Oktober mendatang, namun acara peringatannya kita majukan di tanggal 16 Oktober. Baru setelah itu kita fokus pencalonan sudah," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV