SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi Ingatkan Peran Penting Pers Menjaga Demokrasi

Muhammad Nurul Yaqin - 09 February 2022 | 13:02 - Dibaca 3.19k kali
Politik Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi Ingatkan Peran Penting Pers Menjaga Demokrasi
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPC) Partai Golkar Kabupaten Banyuwangi, Ruliyono.

BANYUWANGI- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPC) Partai Golkar Kabupaten Banyuwangi, Ruliyono, menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap 9 Februari, kepada segenap insan pers.

Menurutnya, pers berperan penting dalam menjaga demokrasi Indonesia melalui kebebasan berpendapat yang bertanggung jawab dan aktif mengedukasi masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini menekankan pentingnya kebebasan berpendapat pers sebagai pilar demokrasi. 

“Pers yang merdeka merupakan pilar demokrasi. Oleh karena itu, hak kebebasan pers harus terus dijaga dan diperjuangkan," ujar Ruli, Rabu (9/2/2022).

Selain itu, kata Ruli, seiring perkembangan teknologi, pers juga diminta memerangi berita hoax yang sering kali beredar di masyarakat.

"Walau kebebasan berpendapat itu penting, kini banyak sekali beredar berita hoax dan penggiringan opini. Di sini juga peran pers untuk meluruskan," ungkapnya.

Ruli berharap, jurnalis dapat terus menjaga integritas serta menjunjung tinggi nilai keadilan dan kebenaran. 

"Mengemas berita dengan semakin profesional, berkualitas, dan mencerdaskan masyarakat, sesuai kaidah-kaidah jurnalistik,” imbuhnya.

Ruli juga mengingatkan, memasuki tahun politik menuju 2024, pers agar memberikan informasi yang edukatif kepada penyelenggara, peserta dan juga masyarakat akan hak dan kewajiban masing-masing.

"Pers memiliki peran besar dalam mewujudkan pembangunan sesuai dengan arah yang dicita-citakan bersama. Pers tetap menjadi pilar demokrasi dengan menjaga independensi untuk Indonesia maju," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV