SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Cabup Yusuf Diusir Panwascam, Ini Kata Tim Pemenangannya

Muhammad Nurul Yaqin - 10 November 2020 | 20:11 - Dibaca 1.11k kali
Politik Cabup Yusuf Diusir Panwascam, Ini Kata Tim Pemenangannya
Cabup Yusuf didampingi Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto saat menghadiri pentas seni peringatan hari pahlawan di Genteng, Selasa (10/11/2020).

BANYUWANGI - Cabup Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko diusir Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Genteng, Catur Maryati, saat menghadiri kegiatan pentas seni peringatan hari pahlawan yang digelar Paguyuban Seniman Asli Banyuwangi (PSAB) di RTH Maron, kecamatan setempat, Selasa (10/11/2020).

Ketua PSAB, Gito Misbah membenarkan jika kegiatan tersebut bukan kegiatan kampanye. Melainkan hanya perayaan memperingati hari pahlawan, dan kebetulan Cabup Yusuf sebatas mampir pada kegiatan tersebut.

“Acara kami ini bukan kampanye, ini pentas seni panggung apresiasi hari Pahlawan, di lokasi juga tidak ada APK, Mas Yusuf juga hanya sekedar mampir. Etika petugas Panwascam dimana, kok tiba-tiba naik ke atas pentas tanpa minta izin panitia,” ujar Gito Misbah.

Sementara Tim Pemenangan Yusuf-Riza (YuRiz) sangat menyayangkan kejadian ini. Pihaknya menilai apa yang dilakukan Panwascam tersebut diduga telah melampaui kewenangannya.

Pihaknya juga menduga terdapat unsur kesengajaan untuk menimbulkan kegaduhan. Terlebih pengusiran terhadap Cabup Banyuwangi nomor urut 1, Yusuf Widyatmoko tersebut dilakukan tanpa ada dampingan petugas Satpol PP dan kepolisian.

“Dari kejadian hari ini, kami tidak akan diam. Karena kami tahu ada kegiatan kampanye Cabup lain bisa bebas melakukan pentas seni dan tidak ada petugas Panwascam yang membubarkan,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.

Mengenai kegiatan ini, Michael menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan kajian terkait indikasi keberpihakan penyelenggara Pilkada 2020 di Banyuwangi. Jika ditemukan, akan diproses sesuai prosedur yang berlaku.

Diberitakan sebelumnya Video berdurasi 1 menit 48 detik beredar di media sosial. Isi video tersebut terlihat seorang Panwascam Genteng Catur Maryati sedang melakukan penertiban yang diduga kegiatan kampanye salah satu Paslon di Pilkada Banyuwangi.

Dalam video tersebut, Catur Maryati menyampaikan, kegiatan pentas seni yang dihadiri oleh Calon Bupati Banyuwangi Nomor Urut 1 Yusuf Widyatmoko yang didampingi Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto dan sejumlah relawan duet Yusuf-Riza ini dilarang oleh aturan. Ia juga meminta agar Yusuf meninggalkan tempat tersebut.

"Kepada Paslon 1 Pak Yusuf untuk meninggalkan tempat ini, karena acara pentas seni termasuk acara yang dilarang sesuai aturan," katanya dalam video tersebut.

"Tadi panitia sudah saya kasih SP (Surat Peringatan) loh ya. Karena ini salah satu yang dilarang, mohon bapak pengertiannya. Tunjukkan kalau paslon 1 bisa tertib. Acara dilanjut monggo, tetapi Paslonnya bisa melanjutkan perjalanan ngeh," sambungnya, sesuai isi video.

Seketika itu, setelah Panwascam tersebut usai berbicara, ia langsung dikerumuni oleh massa yang berada di lokasi. Terlihat perempuan ini digiring meninggalkan pentas acara. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV