SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Akses Dusun di Banyuwangi Lumpuh Tertutup Longsor

Muhammad Nurul Yaqin - 14 October 2022 | 15:10 - Dibaca 1.20k kali
Peristiwa Daerah Akses Dusun di Banyuwangi Lumpuh Tertutup Longsor
Akses Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, Jumat (14/10/2022) pagi, tertutup material longsor. (Istimewa).

BANYUWANGI - Bencana longsor terjadi di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, Jumat (14/10/2022) pagi.

Material tanah menutupi badan jalan, menyebabkan Akses masuk menuju kawasan Dusun Sukamade terputus.

Akibatnya ratusan penduduk yang tinggal di area yang masih masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri itu terisolir.

Selain menutup badan jalan, material tanah dan pohon-pohon yang tumbang juga menyebabkan suplai listrik ke pemukiman tersebut padam.

Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Sarongan Anang Fauzi mengatakan longsor terjadi di kilometer 8, pada Jumat (14/10/2022) pagi. Longsor terjadi usai kawasan tersebut dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

"Material tanah menutup akses jalan dan ada 5 pohon besar yang tumbang dan memutus kabel PLN. Sementara warga Sukamade terisolir," kata Anang saat dikonfirmasi.

Karena aliran listrik terputus, Anang menyebut dalam beberapa waktu mendatang Sukamade dipastikan gelap gulita. 

"Untuk memperlancar evakuasi dan keamanan para relawan yang bertugas PLN telah mematikan aliran listrik menuju Sukamade," ujarnya.

Saat ini para relawan masih melakukan upaya evakuasi dengan alat seadanya. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk meminta bantuan alat berat guna mempercepat proses evakuasi.

"Kami sudah koordinasi dan ini memang perlu alat berat untuk bisa mengeruk materialnya. Kalau menggunakan cangkul jelas tidak mampu," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV