SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Lewat PKKMB, Ratusan Mahasiswa Baru Untag Banyuwangi Dibekali Banyak Pengetahuan

Muhammad Nurul Yaqin - 10 September 2023 | 17:09 - Dibaca 1.17k kali
Pendidikan Lewat PKKMB, Ratusan Mahasiswa Baru Untag Banyuwangi Dibekali Banyak Pengetahuan
Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto saat menyematkan atribut PKKMB 2023 kepada perwakilan mahasiswa baru. (Foto: Dok. Untag Banyuwangi).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi, telah berakhir.

Ratusan mahasiswa baru Untag Banyuwangi telah mengikuti program wajib tersebut mulai 7-9 September 2023. Adapun tema yang diusung tahun ini adalah Untag Muda : Beda, Kaya Karya, Menjadi Pemimpin Masa Depan.

Peserta PKKMB Untag Banyuwangi digodok selama 3 hari, mereka mendapatkan beberapa materi pengenalan kampus seperti perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

Kemudian ada materi tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS) di perguruan tinggi hingga wawasan kebangsaan. 

Mereka juga dikenalkan dengan badan eksekutif mahasiswa (BEM) yang membawa materi pengenalan organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) serta mengikuti ajang kreativitas mahasiswa dan malam inagurasi.

"Mahasiswa baru mengikuti berbagai materi bertujuan untuk penguatan karakter mahasiswa dan pengenalan kehidupan kampus, agar lebih cepat beradaptasi," kata Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto, Minggu (10/09/2023).

Sebaran mahasiswa baru Untag Banyuwangi berasal dari berbagai pulau seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Banten, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Maluku Utara hingga Nusa Tenggara Barat. 

Andang berharap, maba Untag Banyuwangi terus berkreasi dan berprestasi di berbagai ajang, baik nasional maupun internasional.

“Tataplah masa depan dengan kepala tegak. Tunjukkan bahwa kalian pemimpin masa depan. Tunjukkan bahwa kalian pewaris sah etos Prabu Tawang Alun. Hanya dengan tekad, semangat, dan kesanggupan maka anda akan dijemput dengan masa depan yang cemerlang,” pesannya.

PKKMB 2023 Untag Banyuwangi ditutup dengan malam inagurasi. Kolaborasi UKM bidang seni yaitu UKM Kepribadian, UKM Tari, UKM Teater, UKM Musik, UKM Paduan Suara, dan UKM Beladiri menampilkan Kolaborasi “Puputan Bayu" sebagai pembuka.

Dalam malam puncak ini, Untag Banyuwangi juga menyambut kehadiran 42 mahasiswa inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2022 yang berasal dari 22 Perguruan Tinggi di luar Pulau Jawa serta 10 mahasiswa antar perguruan tinggi yang berasal dari Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember. 

Secara simbolis, rektor menyematkan udeng dan syal kepada perwakilan mahasiswa PMM. Acara semakin meriah dengan penampilan The DS Band (Band dengan personil Dosen Untag Banyuwangi). 

Kemeriahan Inagurasi semakin bertambah dengan kehadiran artis/musisi Banyuwangi yang tergabung dalam Music One Management dibawah naungan Wandra Restusiyan (Artis dan Alumni Untag Banyuwangi) seperti Cici Viana, Nova Asmara, Intania, Aminah Zahra, serta Alvaro. 

Selain itu, PKKMB juga menghadirkan Sinta Suryani-siswa SMK 17 Agustus 1945 Genteng yang sedang viral berkolaborasi dengan D's Band dan Music One. (yq/amb)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV