SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Lewat Perkemahan, LDII Banyuwangi Dukung Pemkab Wujudkan Zero Waste

Muhammad Nurul Yaqin - 08 July 2022 | 12:07 - Dibaca 387 kali
Pendidikan Lewat Perkemahan, LDII Banyuwangi Dukung Pemkab Wujudkan Zero Waste
Perkemahan Permata CAI yang digelar LDII Banyuwangi di Wisata Waduk Sidodadi (WWS) Glenmore. (Istimewa).

BANYUWANGI- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Banyuwangi, menggelar perkemahan Masa Akhir Tahun Ajaran (Permata) Cinta Alam Indonesia (CAI).

Kegiatan yang berlangsung di Wisata Waduk Sidodadi (WWS) Glenmore itu, melibatkan ratusan pelajar. Selain berkemah mereka melakukan aksi peduli alam dengan membersihkan sampah di kawasan sekitar.

Ketua DPD LDII Banyuwangi, H Astro Junaidi menyebut, kegiatan itu salah satu wujud dukungan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab), wujudkan Banyuwangi bebas sampah atau Zero Waste.

“Kami mengajak para peserta dan hal tersebut sudah diajarkan dalam majelis taklim untuk peduli kebersihan dan kesehatan lingkungan. Sampah yang ada di tenda utama maupun tenda tempat penginapan peserta semua dikumpulkan lalu dibakar,” jelas H Astro.

Dia menuturkan agenda Permata CAI tahun 2022 ini melibatkan sekitar 700 peserta dan panitia. Keberhasilan pelaksanaan program pembinaan remaja LDII tersebut merupakan wujud kerukunan kekompakan dan kerjasama yang baik antar semua elemen yang ada. 

"Baik jajaran yang di kabupaten, Pengurus Cabang (PC) dan PAC serta pengurus majelis taklim yang ada dalam naungan LDII Kabupaten Banyuwangi," imbuh H Astro.

Selain itu, kata dia, kelancaran dan kesuksesan Camping CAI juga tidak terlepas karena dukungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, TNI/Polri, Dinas Instansi pemerintah terkait dan Forkopimcam Kecamatan Glenmore serta Manager PTPN XII yang memberikan izin WWS untuk menggelar CAI yang pertama pasca pandemi Covid 19 melanda dunia.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan acara ini," ungkapnya.

Sementara Dwi Yanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi, mewakili Bupati yang saat ini melaksanakan ibadah haji mengungkapkan, pemerintah mengajak semua warga masyarakat untuk mewujudkan Banyuwangi sebagai wilayah yang bebas sampah atau Zero Waste.

“Zero waste atau bebas sampah adalah sebuah konsep yang mengajak kita untuk menggunakan produk sekali pakai dengan lebih bijak untuk mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah. Tujuannya adalah agar sampah tidak berakhir di TPA, menjaga sumber daya dan melestarikan alam,” jelas Dwi.

Selanjutnya H Nur Chojin Aziz, Wakil Ketua MUI Kabupaten Banyuwangi menyatakan, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan pembinaan kepemudaan disaat semua prihatin atas terjadinya kasus yang menimpa pondok pesantren di Banyuwangi.

“Momen penting Permata CAI diharapkan mampu melahirkan generasi-generasi yang mampu menjadi teladan sehingga sangat membantu pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi kenakalan remaja, pemakaian narkoba, nongkrong-nongkrong yang tidak ada manfaatnya,” jelas Nur Chojin. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV