SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Tour of Kemala 2023, Pacu Pertumbuhan Bisnis Lokal di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 09 October 2023 | 16:10 - Dibaca 968 kali
Olahraga Tour of Kemala 2023, Pacu Pertumbuhan Bisnis Lokal di Banyuwangi
Banyuwangi jadi tuan rumah Tour of Kemala 2023, event ini berdampak positif bagi sektor perekonomian dan pariwisata. (Foto: Istimewa)

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Ajang kompetisi bersepeda "Tour of Kemala" yang tengah berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jaw Timur, 07-08 Oktober 2023, mampu menggerakkan ekonomi, terutama usaha mikro milik masyarakat.

Sejumlah pelaku UMKM di wilayah perkotaan Banyuwangi mengaku omzetnya meningkat signifikan dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya Alex, pemilik rumah makan di sekitar Pantai Boom Marina yang menjadi lokasi start dan finish Tour of Kemala. 

"Iya, meningkat (omzetnya). Biasanya sehari dapat Rp 800 ribu, hari pertama penyelenggaraan hampir Rp 2 juta per hari," ucapnya. 

Alex pun berharap, ke depan event besar seperti ini banyak digelar di Banyuwangi. "Dampaknya besar buat penjual nasi seperti kami. Banyak orang datang, nasi kami semakin laris," kata dia. 

Hal yang sama juga disampaikan Hilmansa Anwar, pelaku usaha kuliner di areal Plengsengan Kampung Mandar yang bersebelahan dengan Pantai Boom Marina. 

"Ada (peningkatan). Biasanya saya sedia 40 Kg ikan, beberapa hari ini bisa habis sampai 60 Kg ikan," ujarnya. 

Tour of Kemala merupakan ajang balap sepeda yang diselenggarakan kolaborasi Kemala Bhayangkari dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia. Pada seri ini, Tour of Kemala digelar di Banyuwangi dengan total peserta hampir 1.400 pesepeda dari seluruh penjuru tanah air dan luar negeri.

Selain bagi pelaku UMKM, kehadiran para peserta, crew, ofisial, keluarga, serta wisatawan yang datang untuk menyaksikan aksi para pembalap juga memberikan dampak positif bagi pelaku usaha akomodasi 

"Okupansi kami 100 persen. Sudah fully booked sejak 5-9 Oktober besok," ungkap Imam Solehan, Excecutive Marketing Villa Solong.  

Berkah yang sama juga dirasakan Henik Setyorini, pemilik homestay di Jalan Kepiting, Kelurahan Sobo, yang letaknya juga lumayan dekat dengan Pantai Boom Marina. 

"Okupansi naik 50 persen. Semua kamar saat ini full sampai beberapa hari ke depan," ujarnya. 

Hal yang sama juga datang dari Manajer Osing Deles, Edwin Yunianto. Dia mengaku mengalami kenaikan omzet sekitar 50 persen sebelum event dimulai. Banyak orang makan di resto dan ada yang sudah mulai beli oleh-oleh. 

"Hari Jumat kemarin sebelum event sudah naik 40 persen, Sabtu malam dan hari Minggu naik pesat. Berkah buat UMKM juga, karena toko kami menjual produk-produk dari berbagai UMKM," kata Edwin.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku senang Banyuwangi bisa dipilih sebagai tuan rumah Tour of Kemala. "Terima kasih Ibu Kapolri telah membantu mempromosikan pariwisata Banyuwangi. Adanya ajang ini, ribuan orang datang ke Banyuwangi, yang berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat kami," kata Ipuk. 

Event Tour of Kemala 2023 series Banyuwangi ini terbagi dalam dua kategori. Hari pertama, balapan sejauh 128 km untuk peserta profesional nasional dan internasional.  Hari kedua, tour akan menempuh 55 km yang diikuti peserta non-profesional. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV