SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Tradisi Lungsuran jadi Penutup Berakhirnya Ritual Adat Seblang Olehsari Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 22 April 2024 | 21:04 - Dibaca 77 kali
News Tradisi Lungsuran jadi Penutup Berakhirnya Ritual Adat Seblang Olehsari Banyuwangi
Tradisi Lungsuran di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Tradisi Lungsuran menjadi akhir dari rangkaian ritual adat Seblang Olehsari. Tradisi ini dilakukan sehari setelah ritual adat Seblang Olehsari selesai di salah satu depan rumah sesepuh Seblang Olehsari, Senin (22/4/2024).

Dalam tradisi lungsuran, para pelaku ritual adat Seblang Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, seperti anggota adat, penari Seblang, sinden, penabuh gamelan, dan beberapa orang lainnya, dimandikan dengan air dari tujuh sumber mata air di Desa Olehsari. Air yang digunakan dicampur dengan berbagai bunga yang telah didoakan sebelumnya.

Ketua adat Desa Olehsari, Ansori, menjelaskan bahwa tradisi lungsuran ini merupakan prosesi untuk membersihkan diri para pelaku ritual adat Seblang Olehsari dari kotoran fisik dan spiritual. Tradisi ini diyakini mampu menjauhkan diri dari sengkolo (kesialan atau energi negatif).

"Lungsuran ini diyakini untuk menjauhkan diri dari sengkolo atau energi negatif pada diri kita. Tak luput juga kita semua memohon ridho dari Tuhan Yang Maha Esa," ujar Ansori.

Dalam proses lungsuran, sesepuh adat Desa Olehsari menyiramkan air tersebut satu persatu mulai dari penari Seblang urut merata kepada para pelaku seblang lainnya.

Setelah memandikan para pelaku Seblang Olehsari, mereka semua menggelar selamatan dengan hidangan pecel pitik dan jenang abang sebagai penutup dari kegiatan ritual Seblang Olehsari dirumah sesepuh adat.

Tradisi lungsuran menjadi penutup dari rangkaian ritual adat Seblang Olehsari yang penuh makna. Ritual ini tidak hanya menjadi media untuk melestarikan budaya dan tradisi leluhur.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV