SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Empat Kantong Parkir Disiapkan di Kawasan Pelabuhan Ketapang

Muhammad Nurul Yaqin - 04 April 2024 | 16:04 - Dibaca 186 kali
News Antisipasi Lonjakan Pemudik, Empat Kantong Parkir Disiapkan di Kawasan Pelabuhan Ketapang
Wabup Banyuwangi Sugirah bersama Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono dan Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz melihat persiapan arus mudik di Pelabuhan Ketapang, Rabu (4/4/2024).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Kesiapan Banyuwangi menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 telah capai 100 persen, terutama di kawasan Pelabuhan Ketapang.

Puncak arus mudik dari Bali ke Jawa yang melewati Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang diprediksi akan terjadi pada 6-7 April 2024.

Guna mengantisipasi lonjakan pemudik, sedikitnya empat kantong parkir disiapkan mengantisipasi antrean puncak arus mudik dan balik dari Jawa ke Bali atau sebaliknya. 

Kemacetan mendapat atensi khusus selama arus mudik tahun ini. Pasalnya, jalur Pelabuhan Ketapang pernah macet hingga 13 kilometer di tahun 2023.  

“Arahan Kapolri, penyeberangan harus aman, kemacetan diminimalisir. Kita sudah siapkan empat kantung parkir,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono usai video conference di Ketapang dengan Menteri Perhubungan, Kapolri, Panglima TNI dan Dirut ASDP dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Rabu (4/4/2024). 

Empat kantong parkir yang disiapkan masing-masing Terminal Sritanjung, Grand Watu Dodol, dermaga Bulusan dan lapangan Bangsring. Seluruhnya di jalur nasional Pelabuhan Ketapang. Keempat lokasi ini mampu menampung 600-800 unit kendaraan. 

Sehingga, jika terjadi antrean panjang, kendaraan bisa diarahkan masuk ke bufferzone ini. “Di setiap bufferzone, kita siagakan empat personel selama 24 jam. Sesuai permohonan Dirut ASDP,” tegas Kapolresta. 

Khusus di Pelabuhan Ketapang, potensi antrean diprediksi terjadi pada arus balik. Pihaknya menyiapkan pos pengamanan terpadu di pelabuhan. Tak hanya pengamanan, pos terpadu ini memberikan sejumlah layanan bagi pemudik. Misalnya, pemeriksaan kesehatan ringan. Ada juga fasilitas pijat gratis. 

Mengantisipasi antrean, para pemudik diimbau pulang lebih awal. Sehingga, bisa pulang ke rumah tanpa terhambat. 

“Kemacetan di jalur Ketapang memang pernah terjadi. Antisipasinya, kami imbau warga yang akan menyeberang bisa mudik lebih awal,” kata Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV