SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Kagum dengan Banyuwangi, Kapolri Listyo Sigit: Sangat Indah, Cocok untuk Olahraga Sepeda

Muhammad Nurul Yaqin - 08 October 2023 | 14:10 - Dibaca 1.05k kali
News Kagum dengan Banyuwangi, Kapolri Listyo Sigit: Sangat Indah, Cocok untuk Olahraga Sepeda
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hingga Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat acara Tour of Kemala. (Foto: Istimewa).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu - Minggu (07-08/10/2023). Kapolri mengungkapkan, Banyuwangi adalah daerah yang sangat indah. 

“Begitu masuk ke Banyuwangi saya sangat terkejut, meski di paling ujung timur pulau Jawa, ternyata daerahnya sangat indah. Terlebih melihat tamannya dan pendapa yang berusia ratusan tahun ini, yang dijaga kelestarian dan keindahannya. Luar biasa,” ujarnya di Pendapa Kabupaten Sabha Swagata, Sabtu 07 Oktober 2023.

Kapolri yang juga Ketua Umum PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) ini, hadir di Banyuwangi antara lain untuk melepas Tour of Kemala, ajang balap sepeda yang diikuti lebih dari 1.400 peserta dari berbagai daerah. 

Tampak hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto, serta Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, beserta segenap jajaran Mabes Polri.

Sebagai Ketua Umum ISSI, Listyo Sigit mengatakan, Banyuwangi sangat potensial untuk dikembangkan sebagai lokasi penyelenggaraan berbagai kegiatan ISSI. Terlebih, Banyuwangi juga sebelumnya telah konsisten menggelar berbagai event sepeda mulai kompetisi Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Kompetisi Internasional BMX, hingga kompetisi sepeda downhill di area Gunung Ijen.

“Saya dapat informasi kalau lintasan di Banyuwangi cukup panjang, jalannya saja 600 KM. Destinasi wisata alamnya  juga banyak dan cocok untuk kegiatan sport. Sangat menarik untuk digunakan kegiatan-kegiatan ISSI,” tuturnya.

"Bahkan ada dua atlet sepeda BMX nasional yang berlatih di Banyuwangi, baru saja menang dapat medali emas dan perunggu di Asian Games," imbuhnya.  

Bupati Ipuk Fiestiandani menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolri sekaligus Ibu Ketua Bhayangkari yang telah memberikan kepercayaan kepada Banyuwangi sebagai lokasi penyelenggaraan event sepeda tingkat nasional. Terlebih, event ini telah memberikan dampak ekonomi bagi daerah. Selain pesepeda yang berjumlah 1.400 orang, total beserta kru dan pendamping ada 4.000 orang yang datang ke Banyuwangi untuk menyemarakkan Tour of Kemala.

“Hotel-hotel kami penuh dan UMKM juga menjadi semakin laris sejak beberapa hari terakhir ini. Event Tour of Kemala menjadi berkah ekonomi yang luar biasa bagi Banyuwangi,” ujar Ipuk.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV