SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Tak Terburu-buru Tentukan Arah Dukungan Capres, PCNU Banyuwangi Tunggu Instruksi PBNU

Muhammad Nurul Yaqin - 02 October 2023 | 14:10 - Dibaca 2.66k kali
News Tak Terburu-buru Tentukan Arah Dukungan Capres, PCNU Banyuwangi Tunggu Instruksi PBNU
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini atau Gus Makki. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Dinamika politik menjelang Pemilu 2024 nampaknya mulai menghangat. Banyak calon yang kini tebar pesona dan melakukan pendekatan ke masyarakat hingga kiai untuk memperoleh dukungan.

Salah satu yang menjadi incaran politisi adalah suara dari warga Nahdliyin. Salah satunya di Banyuwangi. Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah nama yang santer menjadi Bacapres dan Bacawapres datang ke Bumi Blambangan. Agendanya sowan ke ponpes dan kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU).

Menanggapi arah dukungan untuk calon presiden di Pemilu 2024, Ketua PCNU Banyuwangi KH Ali Makki Zaini tak mau ambil pusing. Pria yang akrab disapa Gus Makki ini menegaskan bahwa PCNU Banyuwangi tegak lurus mengikuti instruksi dari PBNU. 

"Kita ini hierarkinya jelas jadi terkait Pilpres kita pastikan bahwa PCNU Banyuwangi mengikuti instruksi dari Rais Aam PBNU," kata Gus Makki, Senin (02/10/2023). 

Ia menyebut beberapa nama kandidat yang muncul, saat ini tengah menjadi pembahasan di PBNU. Arah dan dukungan NU nantinya juga bakal diumumkan.

"Tinggal menunggu saja, yang pasti persoalan ini tidak akan dibiarkan tanpa arah. Nanti juga bakal diumumkan," jelasnya. 

Gus Makki menambahkan Pilpres memang penting, tapi jangan sampai mengganggu aktivitas lain di tubuh NU. Banyak kegiatan NU di daerah yang lebih penting dilakukan saat ini, ketimbang terlalu berfokus pada Pilpres. 

"Agenda ini memang penting tapi jangan sampai urusan pilpres mengganggu kegiatan lain yang ada di NU. Lebih baik kita fokus pada kegiatan-kegiatan kita saja," tegasnya.

Gus Makki menambahkan, PCNU Banyuwangi mempercayakan sepenuhnya arah dukungan ke PBNU. Siapa yang nantinya didukung, maka PCNU juga siap dengan sepenuh hati akan satu suara.

"Percaya saja perkara Pilpres telah dipikir matang oleh pengurus pusat dengan mengedankan kemaslahatan umat," tegasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV