SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Mangsa Biawak, Piton 4 Meter di Banyuwangi Ditaklukkan Petugas Damkar

Muhammad Nurul Yaqin - 08 September 2023 | 09:09 - Dibaca 1.97k kali
News Mangsa Biawak, Piton 4 Meter di Banyuwangi Ditaklukkan Petugas Damkar
Proses evakuasi ular piton yang memiliki panjang 4 meter dari sungai di wilayah Kelurahan Panderejo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Kamis (07/09/2023) malam. (Foto: Istimewa).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Kemunculan seekor ular piton menggegerkan warga di Kelurahan Panderejo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi.

Ular pembelit tersebut diketahui warga menampakkan diri di pinggiran sungai yang tak jauh dari pemukiman setempat, Kamis (07/09/2023) malam.

Warga yang resah dengan keberadaan ular sanca ini langsung melapor ke petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Banyuwangi.

Menerima aduan masyarakat tersebut, sejumlah anggota damkar dan penyelamat langsung bergegas ke lokasi untuk mengevakuasi ular piton tersebut.

"Kejadiannya sekitar pukul 21.20 WIB," kata anggota damkar dan penyelamatan, Asnan, Jumat (08/09/2023).

Asnan bertutur, evakuasi ular piton cukup dramatis dikarenakan berada di aliran sungai. Petugas dibantu warga menaklukkan ular tersebut menggunakan alat pencapit.

"Evakuasi membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Sampai-sampai alat penjepit ular yang kami bawa hilang terbawa arus. Meski demikian ular berhasil ditangkap," bebernya.

Setelah dievakuasi, kata Asnan, ular piton tersebut memiliki panjang sekitar 4 meter. Ternyata ular tersebut usai memangsa biawak yang ada di sungai.

"Ular piton ini cukup panjang, kurang lebih sekitar 4 meter dan ukurannya cukup besar. Ular ini memakan biawak sungai," jelasnya.

Ular tersebut kini diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur kantor wilayah Banyuwangi untuk dilepasliarkan di habitatnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV