SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Sejumlah Fasum di Banyuwangi Diperbaiki Sambut Kedatangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo

Muhammad Nurul Yaqin - 25 July 2023 | 12:07 - Dibaca 979 kali
News Sejumlah Fasum di Banyuwangi Diperbaiki Sambut Kedatangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo
Sejumlah fasilitas umum di pusat kota Banyuwangi dibenahi sambut kedatangan Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Sejumlah fasilitas umum (fasum) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, diperbaiki sambut kedatangan Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo.

Ibu Iriana dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi. Jadwal kedatangan istri Presiden RI itu akan berlangsung hari ini, Selasa (25/07/2023).

Sejumlah tempat yang bakal dilalui dan disinggahi Ibu Negara tengah dikebut Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Banyuwangi.

Sarana dan prasarana dimaksud antara lain perbaikan jalan, pembenahan lampu penerangan jalan umum (LPJU), perbaikan di sekitar Bangsring Underwater, termasuk sekitar fasilitas umum di Taman Sritanjung tepat di depan Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Jalan yang diperbaiki meliputi jalan nasional yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) mulai dari Sukowidi sampai Bangsring. Termasuk jalan kabupaten mulai daerah tengah kota. 

"Beberapa sarana dan prasarana di sekitar taman dan fasilitas umum lainnya kita sempurnakan. Intinya, kita mempercantik dan memperindah Banyuwangi untuk menyambut kehadiran Ibu Negara," ujar Sekretaris Dinas PU CKPP Banyuwangi, Komang Sudira Atmaja.

Menurut Komang, perbaikan berbagai fasilitas umum yang dilakukan Dinas PU CKPP bukan hanya sekedar menyambut kedatangan Ibu Iriana Joko Widodo. Melainkan sudah kegiatan perbaikan rutin tahunan. 

"Momennya kebetulan pas ada Ibu Negara. Itu sudah menjadi tugas kami rutin. Tapi kita cek ulang lagi seiring dengan kehadiran Ibu Iriana," ungkapnya.

Sebagai informasi, sejumlah agenda kerja akan dilaksanakan Ibu Negara bersama ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) selama satu hari. 

Ibu Negara akan meninjau sejumlah program-program penanganan stunting Banyuwangi yang saat ini menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah memiliki target tingkat stunting secara nasional pada tahun 2024 dapat berada di bawah 14 persen.

“Nantinya Ibu Iriana akan bertemu kader Posyandu dan penjual sayur keliling (mlijoan) yang dilibatkan menangani stunting di Banyuwangi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi, Mujiono. 

Di Banyuwangi upaya penanganan stunting terus digenjot pemkab dengan melibatkan berbagai pihak. Salah satunya dengan membentuk Laskar Sakina (Stop Angka Kematian Ibu dan Anak). Laskar ini terdiri dari para ibu-ibu penjual sayur keliling atau biasa disebut mlijoan.

"Sebulan sekali, kita juga gerakkan ribuan ASN untuk belanja makanan bergizi lewat Hari Belanja UMKM, hasilnya kita donasikan untuk penanganan stunting,” imbuhnya.

Bahkan, pemkab mengajak Dinas Pertanian dan Pangan untuk memberikan bantuan bibit sayuran yang diberikan kepada orang tua balita stunting.

Ibu negara dijadwalkan bertemu dengan anak-anak Banyuwangi untuk bermain permainan tradisional, seperti enggrang bambu, enggrang batok, balap karung, congklak, gobak sodor, dan lain sebagainya. 

Saat bersama anak-anak Ibu Negara juga akan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti cuci tangan pakai sabun, dokter kecil, PPGD/UKS. 

"Ibu negara juga mengunjungi Pantai Bangsring untuk melakukan transplantasi terumbu karang bersama warga. Di sana beliau juga sosialisasi pengelolaan sampah plastik sejak dini pada siswa remaja," kata Mujiono.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya