SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Banyuwangi Segera Punya Rumah Sakit Baru di Ujung Selatan

Muhammad Nurul Yaqin - 18 September 2024 | 18:09 - Dibaca 89 kali
Kesehatan Banyuwangi Segera Punya Rumah Sakit Baru di Ujung Selatan
Bupati Ipuk bersama Direktur PT. Bumi Suksesindo Cahyono Seto teken MoU pembangunan rumah sakit di Pesanggaran. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Peningkatan dan pemerataan layanan kesehatan terus menjadi perhatian utama Pemkab Banyuwangi melalui beragam kolaborasi lintas sektor, termasuk dengan dunia usaha.

Salah satunya diwujudkan dengan pembangunan rumah sakit di wilayah Kecamatan Pesanggaran, yang merupakan salah satu wilayah di kawasan selatan Banyuwangi.

Pembangunan tersebut terangkum dalam penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Banyuwangi dengan PT Bumi Suksesindo (PT BSI) untuk pembangunan rumah sakit, Rabu (18/9/2024). 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, peningkatan kualitas dan pemerataan layanan kesehatan merupakan upaya kolaborasi seluruh komponen secara terpadu baik dari masyarakat, dunia usaha, maupun pemerintah.

“Dengan Rumah Sakit baru ini, masyarakat di wilayah selatan, khususnya di Pesanggaran, Siliragung, Bangorejo, Purwoharjo, dan sekitarnya bisa semakin mudah mengakses fasilitas kesehatan yang baik. Apalagi ini nantinya RS yang memiliki standar bagus dan lengkap,” ujar Ipuk.

Ipuk menambahkan, salah satu perhatian utama Pemkab Banyuwangi dalam sektor kesehatan adalah pemerataan layanan. Mengingat secara geografis Banyuwangi dalam satu daerah terluas di Jawa, dan banyak penduduknya yang juga tinggal di wilayah perkebunan. 

“Kecamatan Pesanggaran adalah salah satu kecamatan terluar secara geografis. Dengan didirikan rumah sakit di sana artinya kami mendekatkan layanan ke warga, yang tentunya akan meningkatkan penyediaan layanan kesehatan di sana,” kata Ipuk. 

Direncanakan rumah sakit yang akan dibangun tersebut akan mematuhi standar nasional. Fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada tidak hanya akan menyediakan layanan medis berkualitas tinggi tetapi juga mendorong lingkungan belajar dan inovasi. Rumah sakit tersebut juga akan fokus pada pelayanan kesehatan warga kurang mampu berbasis pada BPJS Kesehatan dengan pelayanan terbaik dan fasilitas lengkap.

“Saya kira ini sejalan dan paralel dengan dunia pendidikan di Banyuwangi. Apalagi sekarang telah berdiri Jurusan Kedokteran Universitas Airlangga di Banyuwangi. Belum lagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kesehatan mulai keperawatan, kebidanan, hingga farmasi juga tersedia di Banyuwangi. Sehingga kedepan kebutuhan dokter dan tenaga kesehatan lain bisa semakin merata ke seluruh penjuru Banyuwangi,” kata Ipuk.

Sementara itu, Direktur PT. Bumi Suksesindo Cahyono Seto menjelaskan bahwa RS di wilayah Kecamatan Pesanggaran merupakan inisiatif untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Banyuwangi. Pembangunan RS tersebut segera terwujud dengan perencanaan pembangunan yang sudah matang saat ini.

“Saya berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang menyambut baik kehadiran layanan kesehatan ini, dan mengajak dunia usaha untuk berkontribusi dalam memajukan sektor kesehatan daerah,” kata Seto.

Dia menambahkan, dengan kerjasama ini diharapkan bisa menjadi momen terbaik untuk bersama-sama mewujudkan kesehatan masyarakat yang semakin baik.

“Mudah-mudahan kami terus bisa memberikan fasilitas serta layanan kesehatan terjangkau dan berkualitas bagi warga Banyuwangi, terutama warga Pesanggaran dan sekitarnya,” terangnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV