SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Menparekraf Resmi Luncurkan Paket Wisata 3B, Hubungkan Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara

Muhammad Nurul Yaqin - 20 September 2024 | 23:09 - Dibaca 343 kali
Wisata Menparekraf Resmi Luncurkan Paket Wisata 3B, Hubungkan Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan keterangan usai peresmian Paket Wisata 3B, hubungkan Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan peluncuran paket wisata 3B, yaitu Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara. 

Acara peluncuran ini berlangsung di Sanggar Genjah Arum, Kemiren, dan turut dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Jumat (20/9/2024) malam.

Sandiaga mengatakan, Banyuwangi dikenal sebagai gerbang Pulau Jawa dengan julukan the Sunrise of Java yang menawarkan berbagai destinasi wisata indah. Dalam acara ini, Sandiaga mengumumkan tiga paket wisata baru.

"Paket-paket ini sudah bisa dipesan mulai malam ini untuk menyambut liburan akhir tahun dan Tahun Baru Imlek," tambahnya.

Sandiaga menyebut, paket wisata ini juga mengakomodasi permintaan wisatawan yang ingin mendarat langsung di Banyuwangi. Setelah berkoordinasi dengan Menpan RB dan Menteri Perhubungan, kini wisatawan dapat menggunakan penerbangan langsung ke Banyuwangi untuk mengakses destinasi seperti Kawah Ijen.

"Kami berharap ini bisa menggeliatkan sektor pariwisata di wilayah Bali Barat dan Bali Utara," ungkapnya.

Dengan target 10-15 persen dari total kunjungan wisata ke Bali yang mencapai 7 juta wisatawan, redistribusi ini diharapkan dapat menarik antara 700 ribu hingga 1 juta wisatawan ke Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara. 

"Ini akan memperluas lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Sandiaga.

Sandiaga juga menyinggung perkembangan infrastruktur di Banyuwangi yang semakin lengkap. Bandara Banyuwangi telah diakui sebagai Green Airport terbaik dunia yaitu Bandara Internasional Blimbingsari, didukung oleh fasilitas lain seperti Marina Boom.

Selain Bali Barat dan Bali Utara, Sandiaga melihat potensi besar dari wisatawan China yang tertarik mengunjungi Bromo dan Ijen. Menurutnya, pintu masuk wisatawan China biasanya melalui Surabaya, namun dengan opsi charter flight ke Banyuwangi, akses ke Kawah Ijen dan Bromo dapat menjadi lebih mudah. 

"Tahun depan, jalur tol Probowangi akan semakin menghubungkan destinasi ini," ujarnya.

Sandiaga juga mengungkapkan, potensi wisata di Bali Utara yang memiliki pemandangan alam laut dan pegunungan yang indah. Di Jembrana, wisatawan dapat menikmati surfing di Medewi hingga Taman Nasional Bali Barat.

"Sementara di Banyuwangi, ribuan destinasi wisata menunggu untuk dijelajahi, termasuk Kawah Ijen yang menjadi ikon utama," jelasnya.

Paket wisata 3B ini disusun untuk mengakomodasi berbagai segmen wisatawan, dari kelas atas hingga menengah dan bawah. Untuk kelas atas, disediakan yacht dari Marina Boom, untuk kelas menengah ada kereta cepat, sementara bagi kelas bawah, tersedia akses feri. 

Sebagai bagian dari peluncuran ini, Sandiaga berencana mencoba kapal cepat dari Marina Boom menuju Buleleng esok hari. "Kami ingin memastikan bahwa paket wisata ini benar-benar memberikan pengalaman yang inklusif dan menarik bagi semua wisatawan," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV