SUARA INDONESIA BANYUWANGI

24 Kambing Kurban Hangus Terpanggang, Ketua Golkar Banyuwangi Beri Santunan pada Korban

Muhammad Nurul Yaqin - 07 June 2023 | 17:06 - Dibaca 4.10k kali
Sosial 24 Kambing Kurban Hangus Terpanggang, Ketua Golkar Banyuwangi Beri Santunan pada Korban
Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono, santuni korban pemilik ternak kambing yang terbakar, Rabu (7/6/2023) sore. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Kabar duka yang menimpa korban kebakaran di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, sampai ke telinga Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono.

Ruli sapaan akrabnya Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, turut prihatin atas kematian 24 ekor kambing kurban milik dua warga di dusun setempat, akibat kebakaran yang terjadi di kandang komunal milik warga.

Sebenarnya ada empat kandang kambing yang terdampak kebakaran. Hanya saja pemilik berhasil mengevakuasi ternak yang ada di dua kandang. Namun duanya lagi, tidak sempat dilakukan evakuasi. Akibatnya, puluhan kambing mati terpanggang.

Total ada 24 ekor kambing yang tak terselamatkan akibat kebakaran itu. Masing-masing 16 ekor milik Imam Syafi'i (50) dan 8 ekor Agus Burhanudin (41).

Sedangkan korban Yudi Marta (26) dan Haryanto (52), hanya mengalami kerugian kandang akibat kebakaran yang terjadi Senin (5/6/2023) kemarin, sekitar pukul 20.30 WIB.

Sebagai bentuk kepedulian Golkar, Ruli mengundang keempat korban pemilik ternak yang terbakar ke rumahnya di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Rabu (7/6/2023) sore, untuk diberikan santunan.

"Santunan yang saya berikan berupa uang tunai, setidaknya bisa meringankan penderitaan para korban," ungkap Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini kepada Suara Indonesia.

Ruli sangat prihatin dengan musibah kebakaran yang terjadi. Ia mengajak semua warga yang hadir turut berduka seraya mendoakan para korban bisa mengatasi ujian atau cobaan ini.

“Ini tentu tidak menjadi kehendak kita. Kita berharap keluarga korban diberi ketabahan, dan semoga ada hikmah tersirat dibalik kejadian ini,” ungkapnya.

Ruli membeberkan, ternyata kambing ternak yang rencananya akan dijual menjelang Hari Raya Kurban ternyata menggunakan hasil pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BRI.

Guna mengurangi beban para korban kebakaran, Ruli mengaku akan mencoba berkomunikasi dengan pihak BRI agar mereka mendapatkan keringanan.

"Saya hubungi nantinya pihak BRI nya, kasian mereka, paling tidak ada kebijakan. Minimal jangan bayar angsuran dulu dalam jangka waktu setahun. Hasilnya gimana nanti kita belum bisa memastikan, terpenting kita berupaya terlebih dahulu," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 24 hewan ternak kambing menjelang Idul Adha hangus terpanggang di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Kebakaran tersebut menghanguskan kadang beserta puluhan kambing pada Senin (5/6/2023) sekitar pukul 20.30 WIB.

Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah. Sementara penyebab kebakaran diduga dipicu oleh kampoan atau pengasapan yang berada di dalam kandang.

"Diduga api berasal dari kampoan (pengasapan yang dibuat di dalam kandang)," jelas Kapolsek Kalibaru, Iptu Yaman Adinata.

Sehingga, menghanguskan 16 ekor kambing milik Imam Syafi'i (50), 8 ekor kambing milik Agus Burhanuddin (41) serta 4 kandang kambing yang juga terbakar.

Yaman menjelaskan, pada saat itu salah satu warga berteriak minta tolong, seketika itu warga yang mendengar langsung keluar rumah dan sudah melihat api semakin membesar. 

Kemudian, seluruh warga yang berada di sekitar TKP berdatang ke tempat guna menyelamatkan kambing dan memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Sementara itu, akibat peristiwa kebakaran itu kerugian material diperkirakan sebesar Rp 80 juta rupiah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV