SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Kunjungan Blinken ke Yordania: Upaya Global untuk Bantuan Kemanusiaan di Gaza

Aditya - 12 June 2024 | 19:06 - Dibaca 1.17k kali
Peristiwa Kunjungan Blinken ke Yordania: Upaya Global untuk Bantuan Kemanusiaan di Gaza
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken Fokus kepada Bantuan Kemanusiaan di Gaza/(instagram/@secblinken)

SUARA INDONESIA, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, dijadwalkan untuk menghadiri pertemuan penting di Yordania yang berfokus pada peningkatan respons kemanusiaan internasional bagi warga Palestina di Jalur Gaza.

Kunjungan ini dilakukan di tengah krisis kemanusiaan yang semakin mendalam akibat perang yang berlangsung selama delapan bulan.

Pertemuan ini menyoroti kebutuhan mendesak bantuan bagi warga Gaza yang terjebak dalam situasi sulit setelah perang berkepanjangan.

Blinken, yang baru saja menyelesaikan serangkaian pembicaraan di Israel, akan berdiskusi dengan para pemimpin internasional tentang cara terbaik untuk memberikan dukungan kemanusiaan yang efektif dan berkelanjutan.

Sebelum ke Yordania, Blinken melakukan pembicaraan penting di Israel dengan Benny Gantz dan Yair Lapid, dua tokoh politik sentral.

Pertemuan ini berlangsung di tengah tekanan yang semakin meningkat dari Amerika Serikat terhadap Israel dan Hamas untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata multi-tahap. 

Gantz, yang baru saja meninggalkan pemerintahan darurat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengkritik Netanyahu karena dianggap telah salah mengelola perang di Gaza dan lebih memprioritaskan kepentingan politik pribadinya daripada keamanan nasional Israel.

Dukungan untuk Gantz juga datang dari Yair Lapid yang mengutarakan bahwa sudah saatnya Israel memiliki pemerintahan baru yang dapat mengembalikan keamanan dan memastikan kembalinya para sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza.

Dalam perjalanan diplomatik terakhirnya ke kawasan ini, Blinken memulai dengan mengadakan pembicaraan di Mesir sebelum bertemu dengan Netanyahu di Israel.

Dalam pernyataannya, Blinken menekankan bahwa cara terbaik untuk menghindari korban sipil lebih lanjut adalah dengan menerima kesepakatan damai oleh Hamas. 

Blinken juga menegaskan pentingnya upaya-upaya untuk menciptakan perdamaian jangka panjang, keamanan, dan stabilitas bagi rakyat Israel dan Palestina.

Menurut Blinken, kesepakatan damai ini akan membuka peluang untuk situasi yang lebih tenang di sepanjang perbatasan utara Israel dan memungkinkan integrasi lebih lanjut dengan negara-negara di kawasan tersebut.

Kunjungan Blinken ke Yordania diharapkan dapat memperkuat koordinasi internasional dalam memberikan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan oleh warga Palestina di Jalur Gaza.

Dengan adanya dukungan dari komunitas internasional, diharapkan dapat tercipta solusi yang komprehensif dan berkelanjutan untuk krisis kemanusiaan ini. 

Pentingnya pertemuan ini tidak hanya terletak pada aspek kemanusiaan tetapi juga pada upaya untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas jangka panjang di kawasan Timur Tengah.

Dunia menantikan hasil dari pembicaraan ini dengan harapan bahwa perdamaian dan keamanan dapat segera terwujud bagi semua pihak yang terlibat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV