SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Tertutup Kabut, Kolom Erupsi Gunung Raung Tidak Teramati

Muhammad Nurul Yaqin - 01 February 2021 | 16:02 - Dibaca 1.61k kali
Peristiwa Tertutup Kabut, Kolom Erupsi Gunung Raung Tidak Teramati
Erupsi Gunung Raung tertutup kabut putih. (Foto: PPGA Raung for Suaraindonesia).

BANYUWANGI- Kondisi terkini Gunung Raung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso menunjukkan kolom erupsi tidak dapat teramati karena tertutup kabut.

Kabut tersebut menutupi kolom erupsi Gunung Raung terpantau sejak enam jam terakhir mulai pukul 06.00-12.00 WIB, pada Senin (1/2/2021).

"Secara visual tadi pagi sampai siang kita tidak bisa mengamati karena kabut terus," kata petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Alethea, saat dikonfirmasi.

Burhan menyampaikan, meski tertutup kabut namun sesekali kepulan asap berwarna kelabu terlihat dari puncak kawah.

"Sesekali terlihat ketika terbuka kabutnya, sudah ada lagi kepulan asap kelabu, tingginya kurang lebih 500 meter," terangnya.

Sementara untuk kegempaan, lanjut Burhan, terjadi peningkatan aktivitas. Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Raung ditandai adanya gemuruh dan gempa tremor secara menerus.

"Tadi pagi gemuruh intensitasnya sering tetapi masih lemah. Sementara gempa tremor menerus, terekam dengan amplitudo 1-16 mm, dominan 3 mm," kata Burhan.

Meski demikian, status Gunung Raung masih pada level II atau Waspada.

"Himbauan tetap, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari pusat erupsi kawah puncak," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV