SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Sejumlah Domba di Banyuwangi Mati dengan Luka Gigitan Misterius

Muhammad Nurul Yaqin - 08 February 2023 | 18:02 - Dibaca 363 kali
Peristiwa Daerah Sejumlah Domba di Banyuwangi Mati dengan Luka Gigitan Misterius
Pemilik domba saat melihat kondisi ternaknya yang masih hidup, namun dengan luka misterius. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Sejumlah domba milik peternak di Banyuwangi ditemukan mati secara misterius. Seluruh bangkainya memiliki luka seperti gigitan di beberapa bagian tubuh.

Belum diketahui pasti penyebab kematian domba tersebut. Warga menduga, domba-domba mati dengan luka gigitan misterius ini diserang kawanan anjing liar.

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring. Pemilik dari domba-domba ini adalah Mualim (60).

Menurut pengakuan Mualim, ia baru mengetahui sejumlah dombanya telah mati pada Senin, 6 Februari 2023, pagi, saat hendak memberi makan.

“Pagi-pagi saat memberikan makan, tiba-tiba melihat domba sudah berjatuhan," ujarnya.

Ia menceritakan, pemilik awalnya hanya melihat ada tiga domba yang mati. Setelah di cek ke dalam kandang, dia melihat anak domba yang masih kecil juga tidak ada. 

“Total ada 9 domba dengan yang kecil-kecil itu. Adapun yang kecil 4 sementara yang besar 5,” katanya.

Dari jumlah itu, menurut Mualim, ada dua domba yang sempat disembelih oleh warga. Karena saat itu kondisinya masih belum mati. Dirinya sendiri tidak tega menyembelih karena dia meyakini domba itu diserang oleh anjing liar. 

Ada juga domba yang masih hidup karena hanya mengalami luka yang tidak terlalu parah. Sementara beberapa dombanya yang mati, terdapat luka gigitan pada bagian paha, kaki dan punggung belakang. 

Ada juga domba kecil yang ditemukan mati tanpa luka sama sekali. “Yang kecil malah tidak luka sama sekali. Kok mati tidak ada luka?,” ujarnya keheranan.

Sementara itu, warga yang menyembelih domba mengatakan, kondisi domba yang disembelih saat itu masih belum mati. Sehingga dia berinisiatif untuk membawanya pulang. Saat domba-domba itu dikuliti, ternyata ditemukan lubang-lubang pada bagian tubuhnya. 

Lubang pada tubuh domba itu seperti bekas gigitan. Jumlah gigitannya, kata dia, lumayan banyak. Namun anehnya, dagingnya sudah terlihat hancur dan membiru. Sehingga terlihat menjijikkan. 

“Model gigitannya seperti anjing, saya juga tidak paham,” jelasnya.

Hamzah mengaku, sekitar dua minggu sebelumnya dirinya sempat melihat anjing liar berkeliaran di sekitar wilayah itu. Lokasi keberadaan anjing itu sekitar 200-300 meter dari kandang. 

Saat ini, menurutnya, warga yang memiliki kambing memilih untuk berjaga di sekitar kandangnya. Hal ini untuk mencegah kejadian ini terjadi lagi.

“Takut, intinya jaga di kandangnya sendiri-sendiri, biar tidak kecurian,” ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV