SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Dua Hari Banyuwangi Dilanda Angin Kencang, BMKG Beri Penjelasan

Muhammad Nurul Yaqin - 15 December 2022 | 17:12 - Dibaca 1.37k kali
Peristiwa Daerah Dua Hari Banyuwangi Dilanda Angin Kencang, BMKG Beri Penjelasan
Dampak angin kencang di Banyuwangi. (Dok. Suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Selama dua hari berturut-turut sejak 14-15 Desember 2022, angin kencang melanda sejumlah wilayah di Banyuwangi. 

Kemarin, angin kencang memporak-poranda tiga desa di Kecamatan Kalibaru. Terbaru angin kencang melanda perkampungan warga di Kecamatan Sempu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, memberi penjelasan mengenai fenomena tersebut.

Menurut Prakirawan BMKG Banyuwangi, Ganis Dyah, faktor yang menjadi pemicu angin kencang tersebut karena pengaruh topografi atau pergerakan angin dari dataran tinggi ke rendah.

"Bisa juga karena awan cumulonimbus, adanya perbedaan suhu yang signifikan dari suatu tempat ke tempat lain," kata Dyah kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

BMKG membeberkan, adapun wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang adalah Banyuwangi bagian selatan dan barat.

"Karena adanya awan cumulonimbus di musim penghujan menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat, petir dan angin kencang," bebernya.

Oleh karenanya, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Apalagi Banyuwangi saat ini masih berada di musim penghujan. Sementara puncaknya diprediksi masih akan berlangsung pada Desember 2022 - Januari 2023.

"Waspadai potensi angin kencang dan petir. Serta saat perjalanan di darat juga hati-hati jalanan licin, karena curah hujan meningkat," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV