SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 14 December 2022 | 19:12 - Dibaca 2.05k kali
Peristiwa Daerah Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Banyuwangi
Atap rumah warga di Kalibaru, Banyuwangi, berterbangan akibat diterjang angin puting beliung, Rabu (14/12/2022) sore. (Istimewa).

BANYUWANGI - Angin puting beliung kembali memporak-poranda perkampungan warga di Banyuwangi. Kali ini menerjang tiga desa di wilayah Kecamatan Kalibaru, Rabu (14/12/2022).

Akibat kejadian tersebut puluhan rumah hingga warung dilaporkan mengalami kerusakan mulai ringan hingga berat.

Camat Kalibaru, Susanto Wibowo mengatakan, angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 15.10 WIB hingga pukul 15.50 WIB.

"Kejadian angin kencang itu berbarengan dengan hujan lebat yang mengguyur wilayah Kalibaru," ucapnya kepada wartawan.

Sedangkan tiga desa yang terdampak angin puting beliung diantaranya Desa Kalibarukulon, Desa Kalibaruwetan dan Desa Kebunrejo.

Meski tidak ada korban jiwa, Susanto menyebut, angin sempat menerbangkan atap rumah warga hingga mengakibatkan pohon tumbang.

"Pohon tumbang terjadi di jalan nasional Kalibaruwetan, tadi sempat menutupi jalan namun sudah tertangani. Saat ini arus lalu lintas kembali lancar," jelasnya.

Akibat insiden tersebut, ada sekitar 25 rumah warga dan tiga warung terdata mengalami kerusakan. Puluhan rumah dan tiga warung yang rusak tersebut merata di tiga desa terdampak.

"Desa Kebunrejo ada sekitar lima unit rumah rusak, Desa Kalibarukulon ada 20 rumah, Desa Kalibaruwetan masih diassessment. Rata-rata kerusakan ringan hingga berat. Tapi itu masih data sementara," kata Susanto.

Menurutnya, pasca kejadian angin puting beliung Forpimka Kalibaru bersama pihak desa dan warga setempat langsung melakukan penanganan.

"Kami dan masyarakat tadi sore langsung bergerak, yang rusak ringan langsung ditangani, sementara untuk rusak berat penyelesaian dilanjut besok," tegasnya.

Susanto menambahkan, sedangkan untuk kerugian korban terdampak masih dilakukan pendataan oleh petugas. "Kerugian masih belum, sementara masih dilakukan pendataan," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV