SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Satu Regu Brimob dari Bondowoso Dikerahkan Bantu Korban Banjir di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 18 October 2022 | 15:10 - Dibaca 1.16k kali
Peristiwa Daerah Satu Regu Brimob dari Bondowoso Dikerahkan Bantu Korban Banjir di Banyuwangi
Personel Brimob dari Kompi 3 Batalyon B Bondowoso turut membantu proses pembersihan lumpur sisa banjir di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Banyuwangi, Selasa (18/10/2022). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Satu regu berisi 10 personel Brimob dari Kompi 3 Batalyon B Bondowoso, dikerahkan bantu warga terdampak banjir di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Selasa (18/10/2022).

10 personel Brimob dari Bondowoso itu turut ikut melakukan proses pembersihan pasca banjir yang menyisakan lumpur hingga sampah yang didominasi kayu dan bambu.

Kepala Regu Brimob, Bripka Aditya Yudha mengaku sengaja diterjunkan untuk membantu proses pembersihan sampah pasca banjir.

Menurutnya, sudah menjadi salah satu tugas Polri membantu kemanusiaan seperti bencana banjir yang terjadi di Banyuwangi.

“Memang ada perintah dari atasan, karena ini sudah menjadi kewajiban kita semua. Jadi setiap ada bencana kita diwajibkan untuk selalu hadir," ungkap Bripka Yudha.

Yudha menyebut, pihaknya telah membawa sejumlah peralatan pendukung seperti cangkul hingga sekop. Alat itu digunakan dalam proses pembersihan lumpur sisa banjir di rumah-rumah warga.

"Semua peralatan pendukung kita bawa sendiri. Kita bantu sampai proses pembersihan dinyatakan selesai," jelasnya.

Pantauan di lapangan, selain dibantu Brimob proses pembersihan pasca banjir dilakukan warga bersama relawan, BPBD Banyuwangi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP dan juga TNI-Polri. 

Sebagai informasi, ada tiga kelurahan yang terdampak banjir pada Senin (17/10/2022) kemarin akibat luapan sungai. Masing-masing adalah Lingkungan Sutri Kelurahan Sobo, Lingkungan Rowo Kelurahan Pakis dan Perumahan Pesona Alam Kelurahan Kertosari.

Akibat bencana banjir itu, 65 KK di Lingkungan Sutri terdampak, 303 KK di Lingkungan Rowo terendam, dan 104 KK di Perumahan Pesona Alam sempat terendam.

Banjir paling parah terpusat di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo. Jembatan di aliran sungai Kali Sobo tersumbat tumpukan sampah dari rumpun bambu hingga meluber ke pemukiman warga di bantaran sungai.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV