SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Kunjungi Lapas Banyuwangi, Wamenkumham Apresiasi Pelayanan hingga Karya WBP

Muhammad Nurul Yaqin - 21 April 2022 | 16:04 - Dibaca 1.04k kali
Peristiwa Daerah Kunjungi Lapas Banyuwangi, Wamenkumham Apresiasi Pelayanan hingga Karya WBP
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) RI, Prof Edward Omar Sharif Hiariej, bersama rombongan saat meninjau galeri pemasaran hasil karya warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Banyuwangi, Kamis (21/4/2022). (Istimewa).

BANYUWANGI- Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) RI, Prof Edward Omar Sharif Hiariej kunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi, Kamis (21/4/2022). 

Ia mengapresiasi fasilitas hingga pelayanan yang ada di Lapas Banyuwangi, tak terkecuali hasil karya warga binaan yang sudah banyak dipesan oleh masyarakat luar.

Wamenkumham memulai kunjungan kerjanya yang bertajuk Safari Ramadhan dengan meninjau galeri pemasaran hasil karya warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berada di depan area Lapas Banyuwangi.

“Tentu ini harus lebih dikembangkan dan diasah lagi kreatifitas dari warga binaan,” ujar Prof Eddy didampingi Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo dan seluruh Kepala UPT se-Korwil Jember.

Selanjutnya, Wamenkumham beserta rombongan bergeser ke ruang pelayanan. Petugas yang sedang piket pun ditanya mengenai alur dan prosedur pelayanan. Di bagian pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik), Eddy meminta petugas untuk melakukan pemeriksaan dan penggeledahan dengan teliti.

“Sehingga diharapkan dapat mencegah masuknya barang terlarang ke dalam Lapas Banyuwangi," imbuhnya.

Usai meninjau ruang layanan, Wamenkumham beserta rombongan bergerak melakukan peninjauan ke dalam Lapas. Area dapur menjadi yang pertama ditinjau oleh Wamenkumham.

Fokus peninjauan Wamenkumham ke area dapur adalah untuk memastikan kebersihan lingkungan dapur. Karena kebersihan dapur juga akan berpengaruh pada kehigienisan menu makanan yang dibagikan kepada warga binaan.

Selain itu, Wamenkumham mengapresiasi pemanfaatan lahan brandgang Lapas Banyuwangi yang disulap menjadi kolam budidaya perikanan. Beberapa ikan yang dibudidayakan antara lain, koi, ikan hias dan lobster air tawar.

Terakhir, Eddy melakukan peninjauan area blok hunian dan bengkel kerja. Eddy berharap Lapas Banyuwangi terus berproses melakukan pembenahan dan peningkatan layanan sehingga bisa meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) maupun Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Secara keseluruhan sudah lumayan bagus, namun tetap harus lebih ditingkatkan pelayanannya , semoga tahun ini Lapas Banyuwangi bisa memperoleh predikat WBK,” tutup Eddy. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV