SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Relawan Destana di Banyuwangi Galang Dana Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Muhammad Nurul Yaqin - 06 December 2021 | 10:12 - Dibaca 482 kali
Peristiwa Daerah Relawan Destana di Banyuwangi Galang Dana Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru
Relawan Destana Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi, galang dana bantu korban erupsi Gunung Semeru, Senin (6/12/2021). (Istimewa).

BANYUWANGI- Relawan desa tangguh bencana (Destana) Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, menggalang dana untuk disalurkan kepada para korban terdampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang pada Sabtu (4/12/2021).

Galang dana relawan Destana Tembokrejo ini dilakukan selama tiga hari mulai Senin (6/12/2021) sampai Rabu (8/12/2021). Mereka menyebar di tiga titik lokasi. Masing-masing di Pasar Ikan Brak Muncar, Pujasera Dua dan lampu merah Tembokrejo.

"Penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama, utamanya untuk warga yang terkena musibah di Lumajang," kata Imam, Ketua Destana Tembokrejo.

Imam menyebut, bantuan yang dikumpulkan nantinya akan disalurkan setelah aksi sosial galang dana usai atau di hari ketiganya. "Bantuan akan kami saluran pada hari Rabu 8 desember 2021," jelas dia.

Selain aksi galang dana, mereka juga melakukan sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat Tembokrejo agar selalu waspada terhadap segala ancaman potensi bencana di wilayah setempat.

"Berdasarkan rencana kontijensi desa tangguh bencana di kabar kan bahwa desa Tembokrejo memiliki dua ancaman alam yang telah teridentifikasi. Yakni tsunami dan banjir," ucap Imam.

Imam menjelaskan, alasan wilayah ini memiliki potensi bencana tersebut dikarenakan posisi geografis Desa Tembokrejo berada di sebelah barat selat bali, dan ditengah lautan tersebut terdapat gundukan dalam laut yang dikenal takadikin.

"Selama ini masyarakat Desa Tembokrejo belum mengetahui adanya aktivitas vulkanik dari gundukan bawah laut tersebut. Adanya sosialisasi ini diharapkan agar masyarakat mampu merespon dengan sebuah monument kejadian bencana. Bahwa bencana dapat terjadi sewaktu waktu dan dapat menimpa siapa saja yang tidak siap siaga," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV