SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Cegah Kebakaran Hutan, Perhutani Banyuwangi Utara Gelar Simulasi

Muhammad Nurul Yaqin - 30 October 2021 | 15:10 - Dibaca 340 kali
Peristiwa Daerah Cegah Kebakaran Hutan, Perhutani Banyuwangi Utara Gelar Simulasi
Simulasi pencegahan kebakaran hutan yang dilakukan Perhutani KPH Banyuwangi Utara bersama stakeholder, Sabtu (30/10/2021). (Istimewa).

BANYUWANGI- Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Utara menggelar simulasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kerjanya, Sabtu (30/10/2021).

Simulasi pencegahan ini melibatkan semua unsur terkait. Baik pemerintah, BPBD, TNI-Polri, serta Lembaga masyarakat desa hutan (LMDH).

Simulasi dilakukan di kawasan hutan Pos Kamhut II petak 64 d. RPH Selogiri BKPH Ketapang, KPH Banyuwangi Utara.

Foto: Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Utara, Haris Suseno pimpin apel siap siaga pencegahan karhutla.

Sebelum simulasi, perhutani bersama stakeholder setempat menggelar apel siaga pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Apel dipimpin langsung Administratur KPH Banyuwangi Utara, Haris Suseno.

Tampak dalam simulasi petugas gabungan sedang berupaya memadamkan api di kawasan hutan setempat, agar tidak merembet. Alhasil api berhasil dikendalikan dan dipadamkan atas kerjasama tim.

Administratur KPH Banyuwangi Utara, Haris Suseno mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah perhutani mengantisipasi dini dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Perhutani bersinergi dengan segenap stakeholder di wilayah kerjanya dalam pengamanan gangguan hutan, salah satunya pencegahan kebakaran hutan.

"Kita juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar hutan, sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian hutan," ucapnya.

Selain itu, kata Haris, pihaknya juga terus meningkatkan giat patroli di kawasan hutan. "Ini kita lakukan tidak lain untuk meminimalisir terjadinya Karhutla," tandasnya. 

Perhutani berharap, dengan kegiatan siap siaga ini. Jika kedepannya terjadi kebakaran, semua pihak sudah siap. Bersama-sama mencegah dan menanggulangi setiap bencana yang ada. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV