SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Unik, Warga Jember Tukar Sampah dengan Pohon

Muhammad Nurul Yaqin - 24 October 2021 | 15:10 - Dibaca 468 kali
Peristiwa Daerah Unik, Warga Jember Tukar Sampah dengan Pohon
Warga terlihat menukarkan sampah dengan pohon di Alun-alun Jember, Minggu (24/10/2021). (Istimewa).

JEMBER- Warga di Jember, Jawa Timur, beramai-ramai menukarkan sampah atau limbah organik rumah tangga dengan pohon. Antara 5-10 botol plastik bekas aja sudah bisa ditukar dengan bibit pohon.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) yang tergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember.


Kegiatan yang dilaksanakan di Alun-alun Jember pada Minggu (24/10/2021) itu, banyak ibu rumah tangga yang menukar sampah dengan bibit pohon yang telah disediakan.

Dewan Ketua GenBI Jember, Annisha Rahama Zhafira mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian GenBI terhadap Indonesia yang termasuk penyumbang sampah terbesar di dunia. 


Dia menyebut, kriteria sampah plastik yang dapat ditukar diantaranya plastik PET, botol minum, serta plastik HDPE dari plastik sampo yang padat.

"Selain itu ada plastik PP seperti teh gelas, dan sejenis gelas plastik," kata Annisha.

Annisha menambahkan, kegiatan tersebut kolaborasi dengan pengolah sampah plastik (Plastic Collective). Kegiatan itu diharapkan, sampah yang sudah dikumpulkan dapat diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat.


"Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi sampah plastik dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan semakin meningkat," pungkasnya.

Sementara perwakilan warga yang saat ini melakukan penukaran sampah dengan bibit pohon, Homsah mengaku senang. Katanya bibit pohon yang sudah ditukar dengan sampah dapat ditanam di rumah masing-masing.

"Selain itu, kegiatan ini dapat menambah ilmu baru, teman baru, serta untuk pengembangan kelestarian lingkungan hidup," ucap Ibu PKK Kelurahan Jember Utara ini. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV