SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Pohon Tumbang Sebabkan 18 Tiang Listrik Roboh di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 07 April 2021 | 16:04 - Dibaca 271 kali
Peristiwa Daerah Pohon Tumbang Sebabkan 18 Tiang Listrik Roboh di Banyuwangi
Proses evakuasi belasan tiang dan pohon jati yang roboh melintang di tengah jalan menuju Taman Nasional Alas Purwo.

BANYUWANGI- Sebanyak 18 tiang listrik PLN di jalan menuju Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, roboh akibat tertimpa pohon jati yang tumbang akibat angin kencang.i

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (7/4/2021) dini hari. Pohon jati yang awalnya menimpa kabel jaringan listrik yang saling terhubung itu membuat belasan tiang ikut tertarik dan roboh.

"Jadi di jalan menuju Alas Purwo kita menggunakan kabel yang terbungkus, itu cukup berat juga, sehingga antara tiang satu dengan yang lain saling terhubung. Ketika ada pohon roboh yang mengenai jaringan akan berimbas pada yang lain," kata Manajer PLN UP3 Banyuwangi, Krisantus Hendro Setyawan saat dikonfirmasi Suara Indonesia.


Kata dia, sekitar pukul 14.00 WIB petugas PLN di lokasi kejadian masih melakukan aktivitas pengaman kabel dan tiang-tiang yang roboh melintang di tengah jalan.

"Info di lapangan itu 18 tiang yang roboh harus diganti, karena patah semua. Tema-teman masih di lokasi mengamankan kabel dan tiang-tiang," beber Kris.

Pihaknya memastikan tidak ada korban yang tertimpa material dalam kejadian ini. Dikarenakan peristiwa terjadi pada dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Namun akses ke Taman Nasional Alas Purwo sempat tidak bisa dilintasi.

"Kalau tadi pagi masih tidak bisa lewat dikarenakan tiang-tiang melintang di tengah jalan. Dampak lain untuk pemadaman mungkin suplai ke Taman Nasional Alas Purwo," katanya.

Kris juga menyampaikan, akibat peristiwa ini membuat kerugian material yang dialami PLN. Meski demikian PLN akan secepatnya melakukan perbaikan.

"Kami masih belum menghitung kerugiannya, karena masih memastikan perbaikan disana. Kita juga akan memastikan kebutuhan material terutama tiang itu, yang pasti kita akan semaksimal mungkin secepatnya memperbaiki kerusakan tiang yang roboh," tandas Kris.

Diketahui, proses penyingkiran material juga dibantu tim gabungan dari TNI dan Polri. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV