SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Resmi Menyandang Gelar Sarjana, Celia Ivanka Siap Bawa Harum Untag Banyuwangi di Kancah Internasional

Muhammad Nurul Yaqin - 10 June 2023 | 21:06 - Dibaca 1.67k kali
Pendidikan Resmi Menyandang Gelar Sarjana, Celia Ivanka Siap Bawa Harum Untag Banyuwangi di Kancah Internasional
The Miss Globe Indonesia 2023, Celia Ivanka Alexandra Mota bersama Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/Suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Celia Ivanka Alexandra Mota, Putri Pariwisata Nusantara 2022 ini baru saja menyandang gelar sebagai Sarjana Akuntansi lulusan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi, Jawa Timur.

Titel tersebut diraihnya setelah menjalani wisuda di Untag Banyuwangi, Sabtu (10/6/2023). Meski disibukkan dengan penampilannya dari panggung ke panggung, gadis 24 tahun yang akan mewakili Indonesia di ajang The Miss Globe 2023 itu, tetap berhasil lulus dengan hasil baik.

Celia mampu menunjukkan bahwa dengan kegigihan serta kerja kerasnya dalam membagi waktu antara akademik dan non akademik, ia bisa meraih prestasi kedua-duanya. Di akademik, Celia berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,86 dengan predikat cumlaude.

Celia mengaku tidak menyangka bisa meraih prestasi akademik dan non akademik sekaligus. Pada awal studinya di Untag Banyuwangi dia hanya ingin seperti mahasiswa biasa pada umumnya.

''Datang kuliah pulang, datang kuliah pulang,'' ujar wanita kelahiran Palu, Sulawesi Tengah, tahun 1999 ini.

Pola pikirnya itu berubah setelah beberapa bulan menjalani kuliah. Di Untag, Celia bertemu dengan banyak orang yang hebat dan dosen yang luar biasa. Sehingga merubah pola pikirnya di awal kuliah.

Putri pasangan Accacio Agusto de Dausa Mota, asal Portugal dan Ana Mariana, asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini akhirnya menyadari untuk jadi mahasiswa perlu aktif dan kreatif. Menurutnya, bukan hanya hard skill yang harus diasah tapi juga soft skill.

''Dengan mengasah soft skill otomatis akademik terasah dengan sendiri," ungkapnya.

Celia mengaku, prestasi yang diraih itu tidak lepas dari dukungan Untag Banyuwangi. Awal berkompetisi di dunia pageant mulai tahun 2020 hingga 2023, kampus Untag selalu memberikan fasilitas, dukungan dan apresiasi.

"Sehingga kami sebagai mahasiswa yang berangkat ke kancah nasional sangat bangga membawa nama Untag Banyuwangi," cetusnya.

Celia merupakan perwakilan pertama Indonesia di ajang The Miss Globe 2023 yang bisa dikatakan sudah tidak asing dengan dunia pageants. Sebelum menjadi perwakilan Indonesia di ajang The Miss Globe, Celia merupakan pemenang ajang Mister Miss Grand Tourism Indonesia 2023. 

The Miss Globe merupakan salah satu kontes kecantikan yang berpusat di Albania. Celia akan mewakili Indonesia di final The Miss Globe 2023 yang akan diselenggarakan di negara yang berada di Eropa selatan tersebut.

"Saya ucapkan terimakasih kepada keluarga Untag Banyuwangi. Karena sejak awal masuk kuliah sampai saat ini lulus sudah membantu Celia berprestasi di kancah nasional dan bahkan akan membawa nama Indonesia di kancah Internasional," tuturnya.

Celia menjadi salah satu wisudawan dalam Wisuda Sarjana ke-44 periode II tahun akademik 2022/2023 Untag Banyuwangi. Ada 230 mahasiswa dari 11 program studi yang diwisuda. Dari jumlah itu sebanyak 5 orang lulusan meraih IPK 4.00.

Saat acara kelulusan tersebut, nama Celia Ivanka beberapa kali disebut oleh Rektor Untag Banyuwangi. Ia merupakan salah satu mahasiswi yang dibanjiri ucapan selamat dan beragam pujian.

Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto menyampaikan, prestasi yang ditoreh Celia Ivanka sangat membanggakan. Karena secara akademik dan non akademik meraih sukses. Dia menyebut, tidak mudah untuk lulus dalam waktu yang tepat yaitu 4 tahun. 

''Prestasi akademik bagus. Di sisi lain Celia Ivanka adalah Putri Pariwisata Nusantara yang turut berkontribusi terhadap nama universitas ini di kancah nasional,'' kata Andang.

Apa yang sudah diraih Celia Ivanka ini menurutnya sesuatu yang sangat ideal dan sesuai dengan harapan dari Untag Banyuwangi. Dia menegaskan, para mahasiswa Untag Banyuwangi memang terus didorong mengexplore seluruh kemampuannya. Sehingga tidak hanya sukses secara akademik tapi juga di luar. 

''Karena kesuksesan kedua-duanya akan menjadi pintu untuk menggarap masa depannya yang lebih baik lagi,'' ujar Andang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV