SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Generasi Milenial di Jember Olah Sampah jadi Barang Berguna

Muhammad Nurul Yaqin - 27 November 2021 | 18:11 - Dibaca 642 kali
Pendidikan Generasi Milenial di Jember Olah Sampah jadi Barang Berguna
Generasi Milenial di Jember Olah Sampah jadi Barang Berguna

JEMBER- Beragam inovasi dimunculkan masyarakat untuk mengatasi persoalan sampah. Di Jember, sekelompok generasi milenial mengolah sampah jadi barang berguna dengan menjadikan kerajinan yang unik. Mereka membuat pot dari popok bekas.

Kegiatan peduli lingkungan ini dilakukan oleh Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember yang merupakan komunitas para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI).

Mereka mengadakan workshop dan edukasi manajemen sampah yang dilaksanakan di wilayah Jl. Sumatra, Sumbersari, Jember, Sabtu (27/11/2021). Mengundang pemateri kompeten.

Pemateri pelatihan, Yulvianti menjelaskan, proses pembuatan pot dari popok cukup mudah. Langkah awal yang dilakukan yakni dengan mencuci bersih popok dan dipisahkan gelnya.

Kemudian dibaurkan dengan semen basah dan dibentuk atau dicetak seperti bentuk pot. Sedangkan gel dari popok bekas bisa dibaurkan dengan tanah tanaman di dalam pot yang akan berfungsi sebagai penopang air tanaman ketika disiram.

"Sehingga penyiraman bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lama," kata Yulvianti.

Sementara Ketua Umum GenBI Jember, Amalia Masruroh menyampaikan, kegiatan workshop dan edukasi manajemen sampah ini merupakan rangkaian dari program kerja "GenBI Mentari". Kegiatan tersebut diharapkan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

"Adanya edukasi ini teman-teman GenBI bisa belajar untuk lebih peduli terhadap lingkungan, serta timbul kesadaran untuk melestarikan dan menjaga lingkungan sekitar," ungkapnya.

Menurut Amalia, mengubah sampah menjadi barang bernilai merupakan inovasi yang luar biasa dan diharapkan mampu memberikan kebermanfaatan dari edukasi yang telah terlaksana.

"Semoga menjadikan teman-teman menjadi insan kreatif yang nantinya diharapkan dapat mentransfer ilmu yang telah didapatkan kepada lingkungan sekitarnya," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya