SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Banyuwangi Ijen Geopark Downhill Sajikan Track Penguji Ratusan Pembalap

Muhammad Nurul Yaqin - 07 July 2024 | 21:07 - Dibaca 347 kali
Olahraga Banyuwangi Ijen Geopark Downhill Sajikan Track Penguji Ratusan Pembalap
Banyuwangi Ijen Geopark Downhill yang berlangsung di Gantasan Bike Park. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Pecinta olahraga ekstrem dimanjakan oleh Banyuwangi Ijen Geopark Downhill yang berlangsung di Gantasan Bike Park pada Sabtu siang (6/7/2024). Kejuaraan ini menjadi bagian dari kalender organisasi balap sepeda dunia, Union Cycliste Internationale (UCI), dan berlangsung sengit.

Acara ini diikuti oleh 450 peserta, baik nasional maupun internasional. Sebanyak 116 peserta berasal dari berbagai negara seperti Singapura, Cina, Iran, Thailand, Rusia, dan Malaysia. Mereka unjuk kebolehan di lintasan sepanjang 1,8 kilometer yang sangat menantang.

"Trek Gantasan melatih disiplin dan konsistensi dari atas sampai bawah. Keadaan tracknya pun berbeda, atas basah, bawah kering jadi memerlukan full konsentrasi,” ungkap Somayeh Farahani, peserta asal Iran.

Gantasan Bike Park terkenal dengan tingkat kesulitan settingannya. Lintasan ini memiliki beberapa trail features, termasuk wallride, gap jump, rock garden, double jump, dan table top. Terdapat 17 kategori yang dipertandingkan, seperti men pra youth, men youth, men master, women open, woman elite, grand master, dan lainnya.

Para peserta dari berbagai negara memberikan pujian atas lintasan yang menantang dan persiapan yang matang oleh panitia. "Keadaan tracknya pun berbeda, atas basah bawah kering jadi memerlukan full konsentrasi,” ungkap Somayeh.

Keberhasilan BIG Downhill merupakan hasil kerja keras panitia dan Pemerintah setempat yang memberi perhatian khusus pada sport tourism. "Trek Gantasan melatih disiplin dan konsistensi dari atas sampai bawah," ungkap Somayeh. 

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahaga (Dispora) Banyuwangi, M Alvin Kurniawan mengatakan, Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2024 merupakan salah satu event sport tourism yang dikembangkan oleh Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan berbagai pihak. Ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan balap sepeda gunung di Gantasan Bike Park.

Jumlah peserta tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti oleh 350 pembalap. Peningkatan jumlah peserta yang signifikan ini membuktikan bahwa Banyuwangi Ijen Geopark Downhill cukup diperhitungkan di kalangan internasional.

"Big Downhill 2024 mempertandingkan 17 kategori, mulai kelas Pra Youth, Junior, Elite hingga Master. Mereka beradu adrenalin di Event BIG Downhill merupakan event sport tourism unggulan dalam Banyuwangi Festival," tuturnya. 

Alvin menambahkan, selain diikuti oleh rider-rider lokal, BIG Downhill 2024 juga diikuti oleh sejumlah rider mancanegara dari berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Sirkuit Gantasan Bike Park yang menjadi arena BIG Downhill 2024 terkenal dengan medannya yang menantang.

"Para rider harus melewati berbagai rintangan, seperti tanjakan curam, turunan terjal, dan tikungan tajam. Selain itu, para rider juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah di kawasan Ijen Geopark," tandasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV